Pemko Tebingtinggi Gelar Kampanye Cegah Stunting


Dibaca: 484 kali 
Jumat,05 Agustus 2022 - 10:25:38 WIB
Pemko Tebingtinggi Gelar Kampanye Cegah Stunting
SuaraLira.com, Tebingtinggi (Sumut) -- Pemerintah Kota Tebingtinggi gelar kegiatan Kampanye Cegah Stunting melalui GEMAS PENTING (Gerakan Remaja Sehat Peduli Stunting), Kamis (4/8/2022) di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo Tebingtinggi.
 
Kampanye Cegah Stunting ini dilaksanakan dalam rangka Program Nasional Percepatan Penurunan Stunting, yang diikuti seluruh perwakilan pelajar SMP dan SMA sederajat. Kampanye Cegah Stunting dilaksanakan dengan kegiatan 'Minum Bersama Tablet Tambah Darah, bagi Remaja Putri.'
 
Pj Walikota Tebingtinggi Muhammad Dimiyathi mengatakan, banyak program yang telah dan akan dilakukan dalam rangka membina, menjaga kesehatan, tumbuhkembang anak dan remaja, yang merupakan program strategis nasional yang harus kita sukseskan di Kota Tebingtinggi.
 
Dimiyathi menekankan, pemberian Vitamin Tambah Darah secara priodik akan dilaksanakan setiap hari Kamis disekolah masing-masing. Peran sekolah terhadap tumbuhkembang anak harus jadi perhatian. Walaupun anak hanya beberapa jam disekolah dan lebih banyak dilingkungan tempat tinggalnya, namun peran sekolah juga sangat penting dan strategis melihat prilaku perubahan tumbuhkembang dan prilaku kehidupan sosial anak.
 
"Kepada para kepala sekolah dan guru kami mintakan untuk memberikan perhatian khusus, jika ditemukan adanya anak-anak yang terjadi permasalahan tumbuh fisiknya, maupun tumbuh prilakunya, dan segera koordinasikan dengan puskesmas terdekat untuk ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan," tegas Dimiyathi. 
 
Perubahan prilaku anak juga menjadi perhatian serius kita. Menurut Dimiyathi, banyak prilaku anak sekarang yang mulai mengarah ke hal-hal yang negatif, seperti tawuran hingga narkoba. 
 
"Tolong ini para guru menjadi perhatian serius. Dan untuk dilingkungan tempat tinggal ini juga menjadi perhatian camat dan lurah termasuk PKK untuk menggerakkan, mengedukasi, memberikan pencerahan kepada para orang tua terhadap perkembangan dan memonitor anak remajanya," pinta Dimiyathi.
 
Sebelumnya Kadis Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melalui Kabid Kemasyarakatan, Heri Velona Ambarita menyampaikan, acara ini sangat diapresiasi dimana ada beberapa agenda kegiatan yang penting, yaitu pemberian imunisasi, dan bulan Agustus sebagai bulan pemberian vitamin A. Dan yang terakhir tentunya hari ini suatu kebanggaan agenda yang kita tuliskan di Dinkes Sumut, bahwa Kota Tebingtinggi telah melaksanakan Kampanye Cegah Stunting melalui Gerakan Remaja Sehat Peduli Stunting.
 
"Kita merasa bangga Kota Tebingtinggi setiap tahunnya sejak 2018 setelah kita tetapkan bahwa, terkait dengan program strategis nasional mengenai stunting baik tingkat nadional maupun Sumatera Utara, maka sampai saat ini Kota Tebingtinggi sudah dapat menurunkan angka stuntingnya yang signifikan. Terimakasih untuk Kota Tebingtinggi," ujar Heri Velona.
 
Menurut Heri Velona, saat ini sedang akan berjalan dan kita sedang mempersiapkan untuk melaksanakan survey status gizi nasional, terkait stunting pada bulan Oktobere datang. Harapan kita Kota Tebingtinggi juga pada tahun 2022 akan.menurunkan stuntingnya secara signifikan. 
 
"Kami berharap sekali bahwa Kota Tebingtinggi salah satu 33 kabupaten/kota di Sumut, nantinya dapat menyumbangkan angka stunting kita pada tahun 2024 sebesar 14 persen, sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah nasional kita yang telah ditetapkan pada tahun 2018 lalu," pesan Heri Velona.
 
Kegiatan Kampanye Cegah Stunting Pemko Tebingtinggi bersama jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan ditandai dengan minum bersama vitamin Tablet Tambah Darah oleh ratusan pelajar yang hadir di Lapangan Merdeka Tebingtinggi.
 
Hadir dalama kegiatan Tesebut Pj Walikota Tebingtinggi M Dimiyathi SSos MTP Plt Sekretaris Daerah Kota Tebingtinggi Drs Bambang Sudaryono. Kajari Tebingtinggi Sundoro Hadi SH MH. Kadis Kesehatan Provsu di Wakili Kabid Kesehatan Kemasyarakatan Hery Valona Bonatua Ambarita SKep, MKes. Ketua PN di wakili. Ketua PKK Ny Harliaminda Dimiyathi.Ketua Darmawanita Persatuan ELY Bambang Sudaryono.Kadis Kesehata kota Tebingtinggi Dr Ikbal. (Gabe/sl)
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :