Jalan Penghubung Dua Desa Berhasil Dibuka Melalui Program TMMD Ke-114 Kodim 0302/Inhu


Dibaca: 238 kali 
Minggu,14 Agustus 2022 - 14:51:02 WIB
Jalan Penghubung Dua Desa Berhasil Dibuka Melalui Program TMMD Ke-114 Kodim 0302/Inhu
Suaralira.com, Inuman (Kuansing-Riau) -- Personil Satgas TMMD -114 Kodim 0302/Inhu berhasil membuka jalan penghubung antar Desa Pulau panjang hulu dengan Dusun Petai Desa Pulau Busuk, Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuantan Singingi. 
 
Pembangunan ini merupakan bagian dari program TMMD ke-114 yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Senang dan bahagia warga dan sangat antusias dengan adanya pembangunan buka jalan tersebut.
 
"Utama dampak dari Pembangunan jalan ini dimungkinkan untuk mempermudah pengangkutan barang dan mengembangkan potensi alam dua Desa tersebut, selama ini, warga terpaksa mengeluarkan biaya lebih untuk mengangkut hasil perkebunan ke lokasi penampungan.
 
Dikarenakan hal ini disebabkan karena tidak adanya akses jalan yang bisa dilewati kendaraan roda dua ataupun toda empat. Jalan ini melintasi perkebunan karet secara mayoritas masyarakat tempatan,ini tentunya cukup efektif dibukanya akses jalan tersebut dibuka untuk keuntungan bagi warga yang sudah jelas masyarakat berharap sekali. 
 
Kini mimpi warga yang selama ini menjadi perbincangan dan keluhan sekarang menjadi kenyataan sejak Program TMMD Ke-114 Kodim 0302/Inhu masuk dengan membawa program membangun Desa dengan membuka jalan sepanjang 2.600 meter dan juga pembangunan jalan semenisasi yang dinilai bermanfaat. 
 
Jalan ini membuka disepanjang areal yang melintasi perkebunan karet yang mayoritas warganya berkebun karet, dahulunya daerah ini rawan tergenang hingga banjir karena yang memang daerahnya sangat rendah jika hujan tiba musimnya daerah ini tidak bisa dilewati, dengan Program TMMD Ke-114 sasaran ini diterobos oleh alat berat yang dikawal oleh Satgas TMMD walau jika hujan datang daerah ini sangat berlumpur tak jarang menghambat petugas untuk menjalankan alat berat karena rawan banjir dan jalanya sangat becek namun kerja tetap dilaksanakan walau medan berat. 
 
Walau daerah tersebut sangat berat dan sangat jauh dari keramaian Pembangunan jalan ini terus dilaksanakan diharapkan akan meningkatkan perekonomian warga  yang selama ini terhambat karena kondisi daerah itu tidak ada akses jalan untuk kepentingan masyarakat pemilik kebun karet atau masyarakat lainnya. 
 
Daerah ini melalui TMMD ke-114  dengan membelah kebun milik masyarakat yang diperkirakan sepanjang 2.600 M dan Lebar 4 M, terus dikerjakan nantinya akan menghubungkan Desa Pulau Panjang Hulu dengan Dusun Petai Desa Pulau Busuk Kec Inuman nantinya akan meningkatkan lagi perekonomian masyarakat sekitarnya. 
 
Koodinator lapangan TMMD ke -114 Kodim 0302/Inhu tahun 2022 Pasi Ter Kodim 0302/Inhu Kapten Inf Aplison kepada suaralira.com dilapangan mengatakan, bahwa jalan yang dibangun menghubungkan antara Desa Pulau panjang Hulu dengan Dusun Petai Desa Pulau Busuk ini merupakan kerja sama Pemerintah daerah  dengan jajaran TNI Melalui TMMD yang di antaranya pembangunan secara fisik dan ada juga secara nonfisik.Progrm fisik dilaksanakan untuk mengejar pemerataan pembangunan di daerah walau itu desa tertinggal, "katanya.
 
Melalui Satgas TMMD Ke-114 Kodim 0302/Inhu dipastikan melakukan pembangunan fisik jalan akan memakan waktu sekitar satu bulan. Hasil nyata ini akan diserahkan kembali kepada Pemerintah Daerah  sebagai bentuk pertanggung jawaban pekerjaan saat penutupan TMMD Ke-114 Kodim 0302/Inhu nantinya, "tutupnya. (P4as/sl)
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :