Penerapan Kurikulum Mandiri Belajar SD Negeri 177 Pekanbaru


Dibaca: 471 kali 
Sabtu,24 September 2022 - 16:32:56 WIB
Penerapan Kurikulum Mandiri Belajar SD Negeri 177 Pekanbaru Ket Fhoto : Kepsek SDN177 Hj Rajumia SPd dengan Mely Zailinah HA SPd Guru Kelas IVa.
Suaralira.com, Pekanbaru -- Mely Zailinah HA SPd selaku Guru Kelas IVa Sekolah Dasar Negeri 177 Dimana Sekolah ini  sekarang lagi menerapkan Kurikulum Mandiri Belajar.  
 
Jadi pembelajaran itu masih ada K13 nya tapi ada dimasukkan tentang Kurikulum Merdeka nya.
 
Tetapi masih condong ke K13 cuman masih ada diselingi oleh Kurikulum Merdeka Belajar.  Ya sepertinya Keterampilan saja yang ditonjolkan kalau sekarang seperti itu. 
 
Siswa sepertinya belum sadar karena sebelum itu kan kami sudah memberikan seperti Keterampilan. 
 
Itu sebenarnya sudah ada sebelumnya, jadi sepertinya belum ada dikenalkan.
 
Kalau seperti Keterampilan ini yang ditonjolkan mandiri belajar. Cuma siswa itu sudah seperti biasa, seperti kurikulum K13 seperti itu lah kira kira.
 
Kami guru kelas I dan Kelas IV sudah pernah ikut pelatihan. Kurikulum Merdeka dan sudah dicobakan  juga belajar kurikulum merdeka ya masih arah K13 juga, "ujar Mely ikut ditemui diruangan Kepala Sekolah.
 
Kepala SD Negeri 177 Hj Rajumia SPd menuturkan bahwa Kurikulum K13 masih berjalan. Kurikulum Mandiri Belajar sudah diterapkan juga untuk siswa siswi  Kelas I dan Kelas IV,  Kelas yang lain belum kami terapkan. 
 
Mungkin nantinya pada tahun ajaran 2023  baru  bisa terlaksana, saya rasa kelebihan kurikulum hampir sama kan menunjukkan disana karakter anak. 
 
Kalau K13 itu kan menanam kan karakter anak. Kurikulum merdeka ini cuman dia ke mandiri belajar itu kemampuan anak, "tutur Rajumia. 
 
Dimana anak itu mampu diarahkan kesitu, umpamanya  siswa siswi mampu di matematika dia akan ke matematik.
 
Kemampuan anak itu di uji kan kalau kurikulum merdeka sama semua tapi itulah perbedaannya antara kurikulum K13 dengan kurikulum belajar merdeka.
 
Dimana menguji kemampuan anak, kita tahu dimana anak itu mampu nya tapi dalam kurikulum merdeka itu kebanyakan belajar kelompok diajarkan belajar aktif. Dari situ kita bisa menilai dan dimana kompetensi nya juga.
 
Kami mengharapkan SDN 177 untuk tahun depan sudah bisa menerapkan Kurikulum Merdeka. Dimana merubah semua dari kelas 1 dengan kelas 5 karena itu bertahap dan berfase mungkin tahun depan kelas 1 2 5 sudah menerapkan kurikulum merdeka.
 
Ini masih rencana awal mudah mudahan pelaksanaan kami bisa laksanakan dengan baik di tahun ajaran baru ini, "tutupnya.
(Jheff/sl)
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :