Perkembangan PMK Terus di Pantau Babinsa Dengan Kunjungi Peternak Milik Warga Binaan


Dibaca: 507 kali 
Rabu,28 September 2022 - 13:09:58 WIB
Perkembangan PMK Terus di Pantau Babinsa Dengan Kunjungi Peternak Milik Warga Binaan
Suaralira.com, Rengat (Riau) -- Lakukan monitoring Babinsa Koramil 01/Rengat Serda Togu JN melaksanakan kegiatan monitoring dan pemantauan Penyakit Mulut dan Kuku PMK pada hewan ternak sapi milik bapak Poniran warga desa binaannya di Desa Rawa Sekip Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu-Riau pada hari Rabu (28/09/2022).
 
Kepada suaralira.com Babinsa Desa Rawa Sekip Serda Togu JN mengatakan "Pendampingan dan pemantauan kesehatan yang kami lakukan, bertujuan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak warga, termasuk sebagai langkah pengawasan terhadap ternak sapi, kerbau, kambing dan domba dari ancaman wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)".
 
Turun langsung memantau kesehatan hewan ternak sapi di Wilayah binaannya agar bisa langsung memberikan motivasi dan semangat kepada para peternak agar tidak panik dengan adanya wabah Virus PMK, mudah-mudahan dengan penanganan secara bertahap dan memperhatikan faktor kebersihan baik kandang dan makanan ini bisa mencegah terjadinya Virus PMK pada hewan ternak.
 
Kepada warga Babinsa agar peternak yang datangnya hewan ternak mengantisipasi dari luar seperti sapi, kambing dan kerbau dari wilayah lain masuk ke Desa Rawa Sekip, guna mencegah terjangkitan virus PMK dan harus melalui proses pengecekan kesehatan terlebih dahulu, "pesanya.
 
Terus memberikan masukan dan arahan kepada peternak agar tidak takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternak dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, lepuh, (lesi pada gusi), luka pada kuku  (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh  (lesi pada lidah) agar dilaporkan kepada petugas Kesehatan Hewan (Keswan) agar segera ditangani atau cepat dalam pengobatannya. (P4as/sl) 
 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :