Boleh atau Tidak Menikahi Janda dalam Islam?


Dibaca: 4236 kali 
Minggu,29 Januari 2023 - 19:42:07 WIB
Boleh atau Tidak Menikahi Janda dalam Islam? lustrasi menikahi janda dalam Islam. Foto:Suara Lira

Pekanbaru,-(Suara Lira),- Dalam ajaran islam di wajib menikah mencari pasangan hidup wujud dalam rumah tangga untuk menemaninya seumur hidup. Menikah pula merupakan bagian dari proses mencapai tujuan hidup.

Selain itu, menikah itu seiman dan satu akidah dan sama satu golongan yakni sesama agama Islam. Menikah bertujuan untuk menjadikan manusia lebih memiliki rasa kebahagaiaan dan memperkuat hubungan satu sama lain serta bersama-sama menuju jalan yang diridhai Allah SWT.

Allah SWT Berfirman dalam Al-Quran Surat Ar-Rum ayat 21 yang artinya:

"Dan di antara tanda-tanda kekuatan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram padanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sebenarnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda- tanda bagi kaum yang berpikir."

Nabi kita Muhammad SAW  telah menyampaikan pada umatnya  soal pernikahan bagi umat Islam.

Kamu pun pasti mengetahui bahwa beliau semasa hidupnya telah menikahi 13 orang wanita dan sebagian besar adalah seorang janda, kecuali Aisyah.

Namun, kita semua tahu bahwa jodoh adalah hak prerogatif dari Sang Pencipta. Tetapi, melihat sebagian besar yang dinikahi oleh Rasulullah SAW adalah janda, sebenarnya bagaimana hukumnya menikahi janda dalam Islam?

Dilansir dari berbagai sumber, menikahi seorang janda memang tidak ada larangannya dalam Islam. Berkaca dari kisah Rasulullah SAW yang 12 istrinya adalah seorang janda, maka menikahi janda pun bukanlah sesuatu yang dilarang. Namun, sebaiknya pilihlah perempuan yang masih gadis daripada menikahi seorang janda. Baik itu janda yang diceraikan maupun yang ditinggal mati oleh suaminya. Pun janda yang memiliki anak atau tidak. Selagi pernikahan yang dilakukan membawa kemaslahatan atau kebaikan, maka itu bukanlah menjadi persoalan.

Pilihan menikahi seorang janda bisa dikategorikan ke dalam tindakan yang akan membawa berkah bagi diri sendiri, apalagi jika niatnya karena Allah SWT.

"Orang yang berusaha menghidupi para janda dan orang-orang miskin laksana orang yang berjuang di jalan Allah. Dia juga laksana orang yang berpuasa di siang hari dan menegakkan shalat di malam hari." (HR Bukhari no.5353 dan Muslim no.2982)

Jadi, dapat disimpulkan bahwa menikahi seorang janda dalam Islam tidak ada yang dilarang, namun sebaiknya pilihlah wanita yang masih gadis.

Semoga ilmu ini bermanfaat ya buat kamu.

 


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :