Pembukaan MTQ Dan FSQ Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur Tahun 2023


Dibaca: 902 kali 
Rabu,01 Februari 2023 - 21:18:12 WIB
Pembukaan MTQ Dan FSQ Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur Tahun 2023 Camat Kota Kisaran Timur, Forkopincam Kota Kisaran Timur, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Asahan, Dan Siswa -Siswi MAN Kisaran Saat Kegiatan Pembukaan MTQ Dan FSQ Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur Kabupaten Asahan, Rabu (01/02/2023) Di Lapangan Bola
Suaralira.com, Asahan (Sumut) -- Kecamatan Kota Kisaran Timur, Kabupaten Asahan menggelar pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Festival Seni Qasidah (FSQ) tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur, Rabu (01/02/2023) di lapangan Bola Pondok Kucingan Kelurahan Lestari.
 
Pembukaan MTQ dan FSQ tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur di meriahkan dengan Iring-iringan pawai Ta’aruf para kafilah Musabaqah Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) yang berasal dari 12 Kelurahan, Gerakan Pramuka Kwartir Kecamatan Kota Kisaran Timur yang juga diiringi oleh Drumband Muhammadiyah, Drumband Yayasan Pendidikan Qur’an dan Tim Perkusi Ibu-ibu Kelurahan Kedai Ledang.
 
Kegiatan Pembukaan MTQN dan FSQ tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur tahun 2023 ini dihadiri oleh Bupati Asahan yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Asahan, Camat Kota Kisaran Timur, Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Asahan, Mewakili Kapolsek Kota Kisaran, Mewakili Danramil 06/KS, Kepala KUA Kecamatan Kota Kisaran Timur, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (T.P PKK) Kecamatan Kota Kisaran Timur, Lurah Se - Kecamatan Kota Kisaran Timur beserta Ketua T.P PKK Kelurahan Se - Kecamatan Kota Kisaran Timur.
 
Setelah usai mengikuti parade, Camat Kota Kisaran Timur bersama rombongan menuju lokasi pelaksanaan MTQN dan FSQ Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur di Lapangan Bola Pondok Kucingan Kelurahan Lestari Kecamatan Kota Kisaran Timur untuk menyaksikan pembukaan secara resmi pelaksanaan MTQN dan FSQ tersebut.
 
Dalam pembukaan ini Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Kota Kisaran Timur H. Dahmul Daulay, S.Ag sebagai Ketua Panitia Pelaksana MTQN dan FSQ Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur melaporkan, dasar kegiatan ini adalah Surat Keputusan Camat Kota Kisaran Timur Nomor 400/21/20/KESRA/I/2023, Tanggal 25 Januari 2023 tentang pembentukan panitia dan penyelenggaraan MTQN dan FSQ Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur Tahun 2023.
 
Dahmul juga melaporkan pelaksanaan MTQN dan FSQ Tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 01-03 Februari 2023 yang diikuti oleh peserta yang berasal dari 12 Kelurahan Se-Kecamatan Kota Kisaran Timur dengan berbagai cabang perlombaan yang diikuti.
 
Mengawali sambutannya Camat Kota Kisaran Timur Ahmad Syaiful Parlagutan Pasaribu, S.AP.,M.M mengatakan, mari kita jadikan MTQN dan FSQ ini sebagai pondasi untuk menjadikan masyarakat terutama generasi muda senantiasa melakukan perubahan kearah kebaikan serta mewujudkan cita-cita sebagai generasi penerus bangsa yang Qur’ani, mampu menyaring berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tak selaras dengan kandungan Al-Qur’an, perkembangan teknologi informasi yang sedemikian rupa telah menyebabkan perubahan perilaku dan membawa perubahan pada pola pikir dan tindak kita sebagai makhluk sosial.
 
"Tujuan pelaksanaan MTQN sejatinya adalah berlomba untuk menunjukan kualitas terbaik dalam seni membaca Al-Qur’an namun kita juga harus berlomba untuk menjadi yang terbaik akhlak dan prilakunya dalam kehidupan sehari-hari," papar Ahmad Saiful.
 
Camat Kota Kisaran Timur mengucapkan terima kasih kepada seluruh Lurah Kecamatan Kota Kisaran Timur, panitia dan semua pihak terkait yang telah membantu persiapan kegiatan ini dan terima kasih juga juga kepada seluruh hadirin yang berpartisipasi dalam pembukaan kegiatan ini.
 
Akhiri sambutannya Ahmad Saiful Parlagutan Pasaribu juga mengajak masyarakat untuk mendukung visi-misi Bupati Asahan H. Surya, B.Sc dan Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, M.Si yaitu mewujudkan Asahan Sejahtera, Religius yang Berkarakter.
 
Sementara Pidato Bupati Asahan H.Surya, B.Sc yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Asahan Drs. Muksin, M.Pd mengatakan, pelaksanaan MTQN adalah tahun ini, akan menyelenggarakan seluruh cabang lomba yang ada pada permusyabaqohan begitu juga dengan Festival Seni Qasidah akan menambah cabang penampilan pop religi dan bintang vokalis.
 
"Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Asahan yang secara berjenjang dilaksanakan dari Tingkat Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kabupaten dan nantinya sampai Tingkat Provinsi dan Nasional," ujar Muksin.
 
Selanjutnya, Bapak Bupati Asahan mengatakan kegiatan ini merupakan momentum yang sangat penting dan memiliki nilai strategis dalam upaya menumbuhkan dan mengembangkan minat baca Al - Qur’an dan semangat berkesenian dikalangan masyarakat guna meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan pendalaman terhadap agama untuk dijadikan pegangan dan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari sekaligus mempersiapkan generasi yang berkemampuan dalam menerapkan gerakan dakwah Islam.
 
Mengakhiri bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan berpesan kepada seluruh kafilah dari Kelurahan Se-Kecamatan Kota Kisaran Timur yang mengikuti kegiatan ini agar memaksimalkan kemampuan untuk mendapatkan hasil yang terbaik dan nantinya diharapkan akan lahir duta-duta dari Kecamatan Kota Kisaran Timur untuk mengikuti MTQN dan FSQ ditingkat selanjutnya.
 
"Khusus kepada para Camat dan Kepala Desa/Lurah untuk tetap mendukung sepenuhnya pelaksanaan seluruh kegiatan berbasis keagamaan, jangan hanya sekedar serimonial sehingga hanya menghasilkan sedikit nilai atau bias sama sekali," pesan Bupati Asahan yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Asahan.
 
Bupati Asahan juga berharap kedepannya, penyelenggaraan MTQN harus terus dilaksanakan mulai dari Desa/Kelurahan dengan bantuan Pemerintah atau hanya prakarsa/inisiatif masyarakat sendiri.
 
Pembukaan MTQ dan FSQ tingkat Kecamatan Kota Kisaran Timur resmi dibuka dengan memotong pita dan melepaskan balon ke Udara.(IS/SL)
Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :