Pembinaan Karakter Pramuka SD Negeri 186 Pekanbaru


Dibaca: 672 kali 
Kamis,02 Februari 2023 - 06:33:30 WIB
Pembinaan Karakter Pramuka SD Negeri 186 Pekanbaru Zaldi, M.Pd Kamabigus SDN 186 Pekanbaru dan Fedri SPd

Suaralira.com, Pekanbaru — Gerakan Kepanduan Praja Muda Karana, lebih dikenal sebagai Gerakan Pramuka Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. 

Zaldi, M.Pd Sebagai Kepala SD Negeri 186 Jl. Seroja, Kulim, Kec. Tenayan Raya, Kota Pekanbaru sekaligus sebagai Kamabigus (Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan) juga perangkat yang memimpin Gudep (Gugus Depan) sebagai pangkalan gerakan Pramuka Pertama.

Zaldi menuturkan dimana Kegiatan Pramuka itu sebenarnya adalah pembinaan karakter. Karakter dari siswa kita yang mana di dalam kurikulum merdeka sekarang pun pembinaan karakter itulah yang diutamakan.

Makanya apabila kepramukaan di sekolah bisa berjalan bisa kita galakkan maka itu akan sinkron dengan kurikulum persekolahan secara umum.

Disitu lah letaknya ke sinkronisasi yang tadi sehingga nya kalau di sekolah mungkin membentuk untuk ilmunya kalau di Pramuka itu lebih kepada sikap, "ujar Zaldi. Ditemui awak media suaralira.com diruangan Kepsek Zaldi, Kamis, 2/02/2023.

Nah karakter tadi maka saya sangat mendukung kegiatan kegiatan Pramuka yang utama nya bisa kami lakukan di tingkat sekolah.

Apalagi siswa didik kami tingkat nya penggalangan. 

Jadi saya berharap partisipasi dari seluruh elemen, orang tua, sekolah itu sudah jelas kemudian pemerintah, lingkungan. Agar kepramukaan itu selalu kita hidupkan seperti di tengah tengah anak anak kita. 

Apalagi di era sekarang gempuran teknologi, gempuran kemajuan yang kalau anak itu tidak kita bekali dengan pengetahuan, tidak kita bekali dengan karakter saya pesimis anak-anak mungkin tidak bisa mengahadapi era zaman sekarang. 

Di era globalisasi yang kalau salah salah kita bisa tergelincir nah disini juga butuh ketegasan dari sikap anak supaya mereka bisa memilah bisa memilih kemajuan teknologi sangat bagus. Tetapi apabila kita salah dalam memakai teknologi tadi kita akan tergelincir "ucapnya. 

Generasi bangsa, ya anak-anak seandainya mereka tidak kita bekali dengan 2 tadi yaitu Pengetahuan kemudian Karakter. 

Karakter kita kan berbudaya ketimuran nah ntah apa besok yang akan terjadi maka saya sangat menghimbau kepada semua elemen bangsa ini khusus orang tua marilah bersama-sama kita support anak kita untuk mengikuti kegiatan Pramuka.

Kalau dulu namanya kepanduan, karena memang banyak sekali disini pembentukan karakter yang sangat bersesuaian dengan Pancasila.

Sangat bersesuaian apalagi dengan budaya tolong menolong, sabar, bermusyawarah mudah mudahan kita semua terus menjaga bangsa kita ini tetap bersatu tetap utuh yang salah satunya dimulai lah dari anak-anak yang memperkenalkan mereka kepada kepramukaan itu.

Juga Fedri S.Pd mengatakan selain ditugaskan menjadi guru, fedri ditugaskan sebagai pembina Pramuka di pangkalan SDN 186.

Selama kegiatan yang saya laksanakan memang banyak perubahan yang harus kita lakukan terutama kendalanya karena Corona lebih kurang 2 tahun terhenti.

Fedri menuturkan juga bahwa baru baru ini sekolah baru saja mengadakan Perkemahan Sabtu, Minggu dan Senin Lomba Tingkat 1 (LT.1) Gudep 15-13 dan 15-014 Di BUPER Salam SEROJA Pangkslan SD Negeri 186 Pekanbaru, "Suci Dalam Pikiran, Perkataan & Perbuatan, Pekanbaru 17-19 Desember 2022," tutupnya. (Jheff/sl)


Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :