Lakukan Deteksi Terkait PMK, Babinsa Pantau Hewan Ternak di Desa Binaan


Dibaca: 543 kali 
Rabu,06 Desember 2023 - 11:38:21 WIB
Lakukan Deteksi Terkait PMK, Babinsa Pantau Hewan Ternak di Desa Binaan
Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/ Rengat  Kodim 0302/Inhu, Sertu Rahmansyah melakukan monitoring perkembangan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi  di wilayah Binaan pada hari Rabu 06 Desember 2023.
 
Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan dan penanganan dini terhadap penyakit yang dapat mengancam kesehatan hewan ternak dan ekonomi masyarakat peternak.
 
Sertu Rahmansyah  tampak oleh suaralira.com melakukan kegiatan komunikasi sosial (komsos) serta pengecekan langsung terhadap ternak milik warga di Desa Alang kepayang Bapak Khairudin Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memastikan kesehatan ternak sapi dan mendeteksi dini potensi penyebaran PMK di lingkungan tersebut.
 
"Untuk sementara dari hasil pengawasan dan pengecekan langsung dari kami untuk hewan ternak sapi warga, semuanya dalam kondisi sehat dan tidak ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK
 
Meskipun kondisi saat ini belum menunjukkan adanya PMK, Babinsa Sertu Rahmansyah tetap mengingatkan setiap warga yang memiliki hewan ternak untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan hewan mereka. 
 
Hal ini penting dilakukan agar potensi penyebaran penyakit dapat diminimalisir dan kesehatan ternak terjaga dengan baik.
 
Dikatakan oleh Babinsa Sertu Rahmansyah juga mengingatkan masyarakat peternak untuk selalu menjaga kebersihan kandang ternak dan memastikan pakan yang diberikan berkualitas. 
 
Kondisi lingkungan yang bersih dan pakan yang baik akan membantu mencegah terjadinya penyakit pada hewan ternak.
 
Babinsa Sertu Rahmansyah  terus melakukan monitoring secara rutin demi menjaga kesehatan hewan ternak dan mendukung keberlanjutan usaha peternakan di wilayahnya. 
 
"Selain itu, mereka juga akan terus memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat peternak mengenai langkah-langkah pencegahan dan penanganan PMK.
 
Kegiatan monitoring perkembangan PMK pada hewan ternak ini merupakan bagian dari tugas Babinsa untuk turut serta dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah binaannya. 
 
Dengan kerjasama dan peran aktif seluruh pihak, diharapkan wilayah Kec  rengat barat tetap terbebas dari ancaman PMK dan peternakan masyarakat dapat berkembang secara optimal.(Pr4as/sl)

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :