Danrem 031/Wira Bima Resmikan Koramil 07/TR dan Koramil 08/RB Kodim 0301/Pekanbaru


Dibaca: 808 kali 
Jumat,29 Desember 2023 - 17:26:29 WIB
Danrem 031/Wira Bima Resmikan Koramil 07/TR dan Koramil 08/RB Kodim 0301/Pekanbaru
Suaralira.com, Pekanbaru -- Komandan Korem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca, S.A.P meresmikan bangunan kantor Koramil 07/Tenayan Raya dan Koramil 08/Rumbai Barat Kodim 0301/Pekanbaru.
 
Peresmian kantor tersebut dilaksanakan di Koramil 08/Rumbai Barat Jalan Kelabau Kelurahan Muara Fajar Barat Kecamatan Rumbai Barat, Jumat (29/12/2023).
 
Hadir pada kesempatan itu, Kasrem 031/WB Kol. Inf Ahmad Daeng, Para Kasi Korem 031/WB, Dandim 0301/Pekanbaru Kolonel Kav Yuli Eko Hadiyanto, S. Sos, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, S. STP, M. AP, Ketua DPRD kota Pekanbaru M Sabarudin, S.T, Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution S.T.,M.S, Kapolresta Pekanbaru AKBP Jeki Rahmat Mustika, S.I.K, Kadis Pers Lanud RSN Letkol Adm Yuniar Budiharto Fary S.H, Kajari Kota Pekanbaru Asep Sontani Sunarya S.H.,CN, dan Tokoh masyarakat, tokoh adat, camat, lurah dan masyarakat sekitar Koramil 08/Rumbai Barat.
 
Peresmian kantor Koramil 08/Rumbai Barat ini dibuka dengan Reok Singo Cobra dibawakan oleh Serda Miswanto dan para pemain dan dilanjutkan pemotongan pita, penanaman pohon bersama Forkompimda daerah dan pembagian sembako kepada fakir miskin.
 
Dalam sambutan Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menyampaikan rasa syukur telah diresmikan kantor Koramil 07 /Tenayan Raya dan Koramil 08/Rumbai Barat.
 
Muflihun menjelaskan Kota Pekanbaru mempunyai luas 632 M2, ada 15 kecamatan dan 83 kelurahan. Kelurahan Rumbai Barat adalah kecamatan terakhir dibuka. Menurut rencana setelah pilkada, ada dua Kecamatan yang akan dimekarkan yaitu Tuah Madani dan Binawidya.
 
"Satu RT 200 KK lebih untuk lebih memudahkan pengurus adminstrasi. Seluruh birokrasi pelayanan terhadap masyarakat akan diperpendek," ungkap dia.
 
Kolaborasi TNI-POLRI cukup baik dengan melakukan rapat sebulan dua kali, untuk membicarakan permasalahan yang berkembang di masyarakat terkait keluhan banjir dan sampah, pelan pelan nanti akan diselesaikan. 
 
"Terkait penyelesaian masalah sampah dengan mengganti kepala dinas, mudah mudahan kedepan penanganan sampah dapat terlaksana dengan baik, yang kedua masalah banjir kita mengajak seluruh Camat dan Lurah untuk mengajak segenap masyarakat terus melakukan gotong royong. Kami juga meminta kepada TNI turut serta turun kelapangan," ujar mantan Camat Sail.
 
Suami Raja Rilla Mustafa ini juga menuturkan berdasarkan arahan dari Presiden RI terkait stunting, untuk di Kota Pekanbaru ada sekitar 3900 masyarakat masih digaris kemiskinan ekstrem.
 
"Kita perlu turun kemasyarakatan untuk bisa lebih menjangkau dan memberikan jalan keluar buat masyarakat yang berada di kemiskinan ekstrem," tambahnya.
 
Saat ini Pemko Pekanbaru sudah melaunching program-program antara lain Doktor One Call 24 jam, Beasiswa untuk anak-anak tidak mampu dan berprestasi, Program jaminan masyarakat bertuah, Bantuan subsidi bantuan Micro dan Santunan Kematian. 
 
"Diharapkan masyarakat bisa mengetahui program-program tersebut dan bisa memanfaatkan" imbuhnya.
 
Danrem 031/WB Brigjen TNI Dany Rakca mengatakan tugas pokok TNI AD dan selaras dengan kemajuan wilayah serta perkembangan lingkungan, maka perlu dilaksanakan penambahan Satuan Komando kewilayahan setingkat Koramil di wilayah Kodim 0301/PBR. 
 
"Hal ini sebagai bagian dari program kerja TNI AD untuk meningkatkan kinerja aparat komando kewilayahan, agar dapat melaksanakan tugas fungsi teritorial lebih optimal," ucap Danrem.
 
Wilayah Kodim 0301/PBR terdiri dari 15 kecamatan dan 83 kelurahan dengan luas wilayahnya mencapai 632,26 km² dan jumlah penduduk 1.116.142 jiwa dengan sebaran 667.000 jiwa/km². Sebelumnya Kodim 0301/PBR terdapat 6 Koramil yaitu Koramil 01/Rumbai, Koramil 02/Kota, Koramil 03/Senapelan, Koramil 04/Lima Puluh, Koramil 05/Sail,  Koramil 06/Sukajadi.
 
Untuk itu, perlu penambahan koramil baru yaitu Koramil 07/Tenayan Raya dan Koramil 08/Rumbai Barat. Koramil 07/Tenayan Raya akan membawahi 2 kecamatan yaitu Tenayan Raya dan Kulim yang memiliki 13 kelurahan Koramil 08/Rumbai Barat membawahi 1 Kecamatan yang memiliki 6 kelurahan, dan sebelum pembentukan koramil ini, wilayah Kecamatan Tenayan Raya Dan Kulim masuk di wilayah Koramil 04/Lima Puluh dan Kecamatan Rumbai Barat masuk di Koramil 01/Rumbai.
 
Dengan adanya penambahan Koramil ini, diharapkan pembinaan wilayah bisa lebih merata dan lebih terjangkau serta dapat meningkatkan kondusifitas wilayah.
 
Selain itu juga Koramil memiliki tugas pokok menyelenggarakan Pembinaan Teritorial dalam rangka mempersiapkan wilayah pertahanan di darat dan menjaga keamanan wilayahnya untuk mendukung tugas pokok Komando Distrik Militer (Kodim).
 
Danramil dan Babinsa diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, selalu berinovasi dan mengembangkan kreatifitas dalam bertugas. intensifkan pembinaan satuan dan teritorial guna mewujudkan satuan dan profesionalisme prajurit yang sekaligus mampu mendukung pemerintah daerah dalam segala bidang sesuai tugas pokok TNI AD. terus pelihara serta tingkatkan kerja sama, untuk memantapkan kemanunggalan TNI rakyat  dalam rangka mendukung terwujudnya aspek pertahanan.
 
Bapak Najjar selaku tokoh masyarakat menyampaikan beberapa hal tentang perjuangan nya yang tidak lah mudah dengan melalui berbagai macam halangan dan rintangan yang harus di tempuh demi tercapainya pembangunan Koramil dan fasilitas umum di Kecamatan Rumbai Barat untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya
 
“Sudah banyak yang saya lakukan untuk meningkatkan sumberdaya masyarakat di berbagai bidang, salah satunya ialah mendirikan bangunan Kantor Koramil 08/Rumbai Barat," kata Najjar.
 
Disisi lain, Dandim 0301/Pekanbaru Kolonel Kav Yuli Eko Hadiyanto menyampaikan terimakasih kepada Pemko Pekanbaru karena telah perhatian dan membantu pembangunan Koramil 06/Sukajadi  sehingga mendorong kinerja TNI-AD untuk lebih maksimal menjalankan tugas kewilayahan. 
 
"Dihadapkan pada tugas pokok TNI-AD, dan sesuai dengan kemajuan wilayah, serta perkembangan lingkungan, jelasnya, maka perlu dilaksanakan penambahan satuan komando kewilayahan setingkat Koramil di wilayah Kodim 0301/Pekanbaru," kata Dandim.
 
Ini sebagai bagian dari program kerja TNI-AD untuk meningkatkan kinerja aparat komando kewilayahan, agar dapat melaksanakan tugas fungsi teritorial yang lebih optimal.
 
(Zha/sl)

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :