Kementerian BUMN Temui Pelajar Kota Malang untuk Dorong Peningkatan Literasi Digital


Dibaca: 879 kali 
Senin,05 Februari 2024 - 17:44:53 WIB
Kementerian BUMN Temui Pelajar Kota Malang untuk Dorong Peningkatan Literasi Digital Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga saat berdialog dengan pelajar dari SMAN 1 Malang. (Foto: Dok. Istimewa)
Suaralira.com, Malang - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI datang dan menemui para pelajar Kota Malang untuk mendorong peningkatan pemahaman literasi digital. 
 
Di mana kegiatan bertajuk "Gen Z Talent Activation" digelar Kementerian BUMN RI bersama Bank BTN, Jasamarga, Telkomsel, Biofarma, Kimia Farma dan Paphros di SMAN 1 Malang. 
 
Menteri BUMN RI Erick Thohir melalui Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga menyampaikan, bahwa millenial dan gen z merupakan kelompok masyarakat yang menempati urutan kedua sebagai pengguna internet terbanyak di Indonesia. 
 
Menurut Arya, dengan potensi tersebut, millenial dan gen z harus memiliki pemahaman terkait dengan literasi digital. Hal itu bertujuan agar millenial dan gen z dapat lebih selektif dalan menerima informasi. 
 
'Banyak sekali informasi yang mudah sekali kita dapat di dunia digital sampai kita tidak tahu mana yang benar, banyak teknologi canggih hati-hati bisa jadi misleading, kita harus pintar belajar digital," ungkap Arya dalam keterangan resminya. 
 
Selain itu, menurut Arya bahwa Kementerian BUMN di bawah kepemimpinan Erick Thohir juga sangat peduli terhadap kesehatan mental para millenial dan gen z. 
 
"Millenial dan Gen Z dimudahkan dengan dunia serba digital, tantangan lebih besar tapi kesempatan maju juga jauh lebih besar," katanya. 
 
Selain peduli terhadap kesehatan mental para millenial dan gen z, Kementerian BUMN RI juga terus berupaya melakukan pencegahan stunting atau kondisi gagal tumbuh pada baduta maupun balita sejak dini. 
 
"Pencegahan stunting juga dimulai sejak anak perempuan mulai haid, dengan ini BUMN memberikan literasi stunting sejak SMA," ujarnya. 
 
Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 1 Malang Asri Widiapsari menyampaikan terima kasih kepada Kementerian BUMN RI yang telah mempercayai SMAN 1 Malang dalam kegiatan Gen Z Talent Activation. 
 
"Ini merupakan kesempatan yang sangat baik bagi anak-anak bisa tau lebih banyak mengenai informasi BUMN, pentingnya digitalisasi dan mental health di generasi muda," tuturnya. 
 
Untuk diketahui, dalam kegiatan Gen Z Talent Activation juga terdapat acara talkshow informatif seputar BUMN dari Bank BTN, Jasamarga, Telkomsel, Biofarma dan Kimia Farma. 
 
Selain itu juga ada berbagi cerita inspiratif mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental oleh Rhaka Ghanisatria yang merupakan Co Founder and The Brain of Menjadi Manusia. 
 
Selanjutnya, sebagai bentuk apresiasi, Bank BTN, Jasamarga, Telkomsel, Biofarma, Kimia Farma, dan Paphros bersama Kementerian BUMN RI memberikan bantuan pendidikan kepada enam siswa-siswi berprestasi di SMAN 1 Malang. 
 
Di mana melalui bantuan pendidikan ini, harapannya dapat meningkatkan semangat belajar dan berguna bagi siswa siswi yang ingin melanjutkan cita-cita nya ke perguruan tinggi. 
 
Tidak cukup sampai di situ, Telkomsel dan SMAN 1 Malang juga melakukan penandatanganan MoU serta penyerahan bantuan produk sebagai layanan solusi digital bagi sekolah dalam bentuk modem orbit. 
 
Dalam acara Gen Z Talent Activation ini juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan e-sport. Selain itu, juga dilakukan pemberian bola yang ditandatangani langsung oleh Erick Thohir kepada perwakilan anggota ekstrakulikuler sepak bola SMAN 1 Malang.(Andik/sl)

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :