Dandim 0302/Inhu Hadiri Apel Siaga Pengawasan dan Pelepasan Patroli Anti Money Politic 2024


Dibaca: 642 kali 
Minggu,11 Februari 2024 - 12:22:03 WIB
Dandim 0302/Inhu Hadiri Apel Siaga Pengawasan dan Pelepasan Patroli Anti Money Politic 2024
Suaralira.com, Rengat - Upacara Apel Siaga Pengawasan dan Pelepasan Patroli Anti Money Politic Pada Tahapan Masa Tenang Pemilu 2024 digelar di Lapangan Ruang Terbuka Hijau (RTH)  di Kelurahan sekip Hulu Kecamatan Rengat Minggu 11 Februari 2024 sekira Pukul 08.24 Wib. 
 
Langsung dipimpin oleh Dedi Risanto, S.Ip, M.Si Ketua Bawaslu Kab. Inhu dalam Apel Siaga Pengawasan dan Pelepasan Patroli Money Politic Pemilu 2024 di Kabupaten Indragiri Hulu. 
 
Dalam sambutannya mengatakan Bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) secara esensi merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa. Pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa. nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia. 
 
Tahapan demi tahapan penyelenggaran pemilu sudah hampir sampai di penghujung tahapan, hari ini merupakan hari pertama memasuki masa tenang kampanye. Bawaslu perlu memastikan tidak adanya aktivitas kampanye pada masa tenang sebagaimana diatur dalam Pasal 1 angka 36 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. 
 
Berbunyi "masa tenang pemilu adalah masa yang tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas kampanye pemilu yang berlangsung mulai dari tanggal 11 Februari hingga 13 Februari 2024 hingga pada hari Pemungutan Suara tanggal 14 Februari 2024.
 
Berdasarkan pengalaman pada masa lalu pada pemilu-pemilu sebelumnya terdapat kerawanan pelanggaran yang berpotensi dilakukan pada masa tenang yaitu adanya politik uang"katanya.
 
Beerbagai modus dilakukan di antaranya melalui pembagian sembako, bantuan sosial, pembagian uang dengan dalil uang transportasi, menjanjikan atau memberikan imbalan uang dan/atau materi lainnya kepada Pemilih yang dilakukan oleh pelaksana,peserta, dan/atau tim kampanye, atau penyelenggara Pemilu. 
 
Hal ini dapat merusak dan mencederai demokrasi yang selama ini telah mati-matian. Kita perjuangkan, merusak integritas bangsa, serta menghancurkan esensi dari pelaksanaan pemilihan umum. 
 
Selanjutnya,Apel Siaga Pengawasan dan Pelepasan Patroli Money Politic Pemilu 2024 di Kabupaten Indragiri Hulu tidak sekedar kita lakukan secara simbolis atau seremonial belaka, kegiatan ini kita maksudkan untuk benar-benar bekerja nyata dalam melakukan pemberantasan money politics. 
 
Tim Patroli Money Politics yang terdiri dari gabungan unsur yaitu Bawaslu, Kepolisian, Kejaksaan, dibantu TNI dan Satpol PP akan terus bergerak melakukan Patroli selama masa tenang hingga hari pemungutan suara untuk mencegah dan menindak tegas pelaku money politic.
 
Kami mengingatkan kepada kita semua khususnya Panwaslu Kecamatan, PKD dan PTPS agar benar-benar melakukan pengawasan dan pengawalan terhadap proses pendistribusian Undangan Memilih (Formulir C-Pemberitahuan) di wilayah kerja masing-masing. 
 
Jangan sampai hal ini berakibat pada hilangnya hak pilih warga negara Indonesia yang disebabkan oleh kelalaian penyelenggara atau pengawas pemilu. 
 
Bertepatan dengan hari Kedua distribusi logistik pemungutan dan penghitungan suara di TPS, merupakan kewajiban bagi kita semua stakeholder pemilu memastikan perlengkapan pungut hitung tersebut tersedia di TPS. 
 
Jangan sampai hal-hal yang sifatnya teknis penyelenggaraan dapat menyebabkan terganggunya pelaksanaan pungut hitung di TPS."terangnya.
 
Selanjutnya, kami mengingatkan kepada jajaran pengawas, untuk dapat menjaga netralitas dan integritas, Pengawas Pemilu harus bebas dari pengaruh pihak manapun dalam menyelenggarakan pengawasan pemilu disertai dengan transparansi dan pertanggungjawaban sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 
 
Dengan demikian, keberhasilan dan kegagalan penyelenggaraan pemilu dapat dipengaruhi pada bagaimana lembaga ini bekerja secara obyektif, berintegritas, dan profesional. 
 
Bawaslu Kab.Inhu berpesan dan berharap Mari kita saling bekerja sama, sehingga Pemilu 2024 dapat menjadi bukti bahwa masyarakat telah kian cerdas dalam berpolitik, sekaligus menjadi perayaan atas kedewasaan kita sebagai Bangsa Indonesia, semoga Pemilu 2024 berjalan baik, aman, dan damai sesuai dengan nilai-nilai demokrasi sesuai dengan Undang-Undang, "Tutupnya
 
Kegiatan apel siaga juga dihadiri oleh Bambang Indramawan, S.STP, M.SP ( Kaban Kesbangpol Kab. Inhu mewakili Bupati Kab. Inhu), Dedi Risanto, S.Ip M.Si ( Ketua Bawaslu Kab. Inhu), Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos, M.I.P ( Dandim 0302/Inhu), AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K( Kapolres Indragiri Hulu) , Rici Verdiansyah Amri, SH ( Jaksa Fungsional Tindak Pidana Umum Kejari Inhu mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Inhu), Tukiyat, S.Sos,Yenni Mairida, SE, MM (Ketua KPU Kab. Inhu) Kompol Rusyandi Zuhri Siregar, S.Sos, MH( Kabag Ops Polres Inhu), AKP Primadona, SH, (Kasat Reskrim Polres Inhu),  AKP Beni Adil Saputra, SE Kasat Intelkam Polres Inhu),  AKP Fajri Sentosa, SH MH Kasat Lantas Polres Inhu, Muhammad Amin, SE, M.Si ( Kabid Poldagri Kesbangpol Kab. Inhu)  Dwi Apriansyah Indra, SE, MM( Anggota Bawaslu Kab. Inhu), S.M. Affandi, SE ( Anggota Bawaslu Kab. Inhu), Lukman Said, S.Hum( Anggota Bawaslu Kab. Inhu) Salestia Deni, SH, MH,( Anggota Bawaslu Kab. Inhu), Ronal Ardian, SH ( Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kab. Inhu) ,Prayetno, SE, MM, (Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM KPU Kab. Inhu) ,Agustian, SE ( Kabid Lalu lintas Dishub Kab. Inhu) Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan Rengat,Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan Rengat Barat PKD Desa dan Kelurahan Kec. Rengat dan Kec. Rengat Barat,PTPS Kecamatan, Kec.Rengat, Kec.Rengat Barat. 
 
Apel siaga pelepasan TIM Patroli money politic juga diikuti oleh sebagai peserta Pleton TNI,Pleton Polri,Pleton Satpol PP
Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan Rengat dan Kecamatan Rengat Barat juga dari PKD Desa dan Kelurahan Kecamatan Rengat dan Kecamatan Rengat Barat. (Pr4as/sl)

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :