Persiapan Ops Ketupat Toba 2024, Kapolres Tebing Tinggi Pimpin Rakor Lintas Sektoral


Dibaca: 431 kali 
Selasa,02 April 2024 - 21:39:56 WIB
Persiapan Ops Ketupat Toba 2024, Kapolres Tebing Tinggi Pimpin Rakor Lintas Sektoral
Suaralira.com, Tebing Tinggi -- Dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Toba Tahun 2024, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.I.K, M.K.P memimpin pelaksanaan rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral untuk memastikan pelaksanaan arus mudik dan balik berjalan aman dan lancar,  Selasa (02/04/24) di Aula Kamtibmas Polres Tebing Tinggi. 
 
Seperti diinformasikan, rakor ini mengusung tema "Mewujudkan Sitkamtibmas dan Kamseltibcarlantas Yang Kondusif serta Menjamin Keamanan Masyarakat Dalam Menjalankan Ibadah Puasa dan Merayakan Idul Fitri 1445 H / Tahun 2024 di Wilkum Polres Tebing Tinggi".
 
Usai membuka rapat, dalam arahannya.Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.I.K, M.K.P mengatakan kegiatan hari ini di Aula Kamtibmas Polres Tebing Tinggi adalah dalam rangka melaksanakan Rapat Lintas Sektoral guna menciptakan situasi yang kondusif di Wilkum Polres Tebing Tinggi khususnya menjelang Idul Fitri 1445 H.
 
"Atas Nama Polres Tebing Tinggi mengucapkan terimakasih atas waktu yang sudah hadir guna melakukan koordinasi dalam hal keamanan menyambut Hari Besar Keagamaan Idul Fitri di Wilkum Polres Tebing Tinggi. Sebagai paparan nantinya akan disampaikan oleh masing masing sektoral dan dapat memberikan masukannya terkait Ops. Ketupat Toba 2024 di Wilkum Polres Tebing Tinggi," ujar Kapolres. 
 
Pada kesempatan yang sama, Kabag Ops Polres Tebing Tinggi AKBP Yengki Deswandi, SH memaparkan Polres Tebing Tinggi, Jajaran Polsek TNI dan Stake Holder serta Mitra Kamtibmas lainnya melaksanakan Ops Kepolisian Terpusat dengan Sandi Ops “Ketupat Toba – 2024” diseluruh Wilayah Hukum Polres Tebing Tinggi  selama 13 Hari terhitung Tanggal 04 s/d 16 April 2024.
 
"Pelibatan kekuatan personel dengan jumlah sebanyak 372 personel dan jumlah Pos Pam / Pos Yan / Pos Terpadu sebanyak 6 Pos, antara lain, Pos Pam Desa Bartong dan Pos Pam Desa Binjai, Pos Yan Exit Tol Tebing Tinggi - Kab. Sergai, Simp. Beo, Exit Tol Dolok Merawan Serdang Bedagai serta Pos Terpadu Stasiun PT. KAI Jl. Imam Bonjol Kota Tebing Tinggi," terangnya. 
 
Sementara itu, Victor A.T. Nainggolan dari Dinas Perhubungan mengatakan persiapan menghadapi Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2024, yaitu, Pos Pam disediakan oleh Pemko Tebing Tinggi bertempat di Terminal Bandar Kajum Jalan Yos Sudarso Kota Tebing Tinggi.
 
"Kami telah mengimbau dan menyurati Pihak Loket Bus AKAP di Sepanjang Jalan Yos Sudarso untuk tidak menaikkan dan menurunkan penumpang di jalan serta menghimbau dan menyurati pihak Pemilik Gudang terkait Operasional Angkutan Barang sesuai Surat Keputusan Bersama Direktur Jendral Perhubungan Darat, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia dan Direktur Jendral Bina Marga tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan," sebutnya. 
 
Penempatan Rambu Petunjuk Jalur Alternatif dan lainnya sesuai kebutuhan dengan kekuatan 32 personel yang bertugas untuk ditempatkan pada Pos PAM Terminal Bandar Kajum (Utama), Pos Stasiun Kereta Api Tebing Tinggi dan Pos Simpang Beo. 
 
"Penerapan rekayasa lalu lintas saling berkoordinasi dengan pihak kepolisian guna melancarkan arus lalu lintas," tandasnya. 
 
Wisnu dari PT. Hutama Marga Waskita menjelaskan untuk informasi pada 04 April 2024 sudah dibuka Jalur Tol Tebing Tinggi - Indrapura, Indrapura - Limapuluh, Limapuluh - Kisaran.
 
"Untuk Jalur Tol Indrapura - Kuala Tanjung saat ini belum dibuka dikarenakan masih dalam perbaikan, dan pada 05 April telah dibuka Jalur Tol Tebing Tinggi - Sinaksak dikarenakan tanggal 04 April kami masih melakukan pembersihan di Jalan Tol, kemudian Jalur Tol Siantar - Parapat masih dalam proses dikarenakan jalurnya lumayan curam," tuturnya.
 
Selanjutnya perwakilan PT. KAI Kota Tebing Tinggi telah menyiapkan Polsuska untuk menjaga Jalur Kereta Api yang tidak terdapat Palang Pintu.
 
"Kami bekerjasama dengan TNI dan Polri untuk di BKO kan di Stasiun pada Hari Besar Keagamaan Idul Fitri 1445 H / Tahun 2024. Kami tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati dalam melintasi jalur kereta api," katanya. 
 
Dari pihak Rumah Sakit Bhayangkara TK III Tebing Tinggi juga telah menyiapkan pelayanan kesehatan untuk personel dengan menyiapkan obat-obatan dan juga Ambulance serta personel untuk melakukan deteksi dini tes narkoba pada sopir sopir apabila diperlukan dan menyiapkan para Dokter Spesialis di Rumah sakit Bhayangkara Tebing Tinggi pada saat libur panjang.
 
Brimob Yon B Tebing Tinggi juga melibatkan personel untuk PRC (Patroli Reaksi Cepat) pada 8 titik sebanyak 105 personel dengan melaksanakan patroli, menyiapkan sepeda motor apabila ingin dibutuhkan dalam hal patroli. Apabila Polsek mendapatkan informasi mengenai handak agar kiranya melaporkan untuk penanganan guna mengamankan areal agar masyarakat tidak mendekat.
 
Selanjutnya PLN Kota Tebing Tinggi menyampaikan sudah membuka posko di Kantor PLN apabila adanya masyarakat yang ingin beristirahat. PLN menginformasikan bahwa pada mudik tidak ada pemadaman dari sisi gardu di Tebing Tinggi. Pemeliharaan jaringan tidak ada dan mulai siaga dari tanggal 04 April s/d tanggal 20 April 2024, menyiapkan 21 petugas PLN standby di Kota Tebing Tinggi dan 16 orang di Serdang Bedagai. Kendaraan siaga sudah disediakan manakala ada urgensi dengan menyiapkan 3 buah genset apabila dibutuhkan.
 
Perwakilan Lapas Kelas II B Tebing Tinggi menerangkan sampai hari ini jumlah narapidana dan tahanan sebanyak 1.727 orang sementara kapasitas sebanyak 576 orang. Melihat tahapan yang lalu jumlah pengunjung H+1 lebaran jumlah nya membludak mungkin di tahun ini juga akan seperti itu dan banyak dari luar kota untuk mengunjungi warga binaan.
 
Hadir dalam kegiatan, Wakapolres Tebing Tinggi Kompol Asrul Robert Sembiring, SH, MH, Ketua DPRD Serdang Bedagai diwakili Wakil Ketua Samsul Bahri, Danramil 13 Tebing Tinggi Kapten Inf. Yudi Chandra, Kepala Rumkit Bhayangkara Tebing Tinggi Kompol dr. Eli Safrin Almiron , Sp.OT, Kepala Stasiun KAI Tebing Tinggi M. Januar, Kasi Intel Kejari Serdang Bedagai Romel Tarigan, SH, Kasatpol PP Tebing Tinggi Drs. Yustin Bernat Hutapea, Kepala Dinas Perhubungan Tebing Tinggi diwakili Kabid Angkutan Victor A.T. Nainggolan, S.Si, Ketua PN Tebing Tinggi diwakili Hakim Rahmat S.P, mewakili PT Hutama Marga Waskita Wisnu, mewakili PLN Tebing Tinggi, mewakili Dinas Damkar Tebing Tinggi, Dinas Kesehatan Tebing Tinggi, Dinas Kesehatan Serdang Bedagai, Lapas Tebing Tinggi, JTC Tebing Tinggi, Brimob Yon B Tebing Tinggi, Dishub Serdang Bedagai, SPBU Tebing Tinggi, Kemenag Tebing Tinggi, Ormas, BKAG, para Kabag, Kasat dan Kapolsek Jajaran Polres Tebing Tinggi. (Gabe/sl)

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :