Waka DPRD Provinsi Riau Hardianto Hadiri Focus Group Discussion


Dibaca: 761 kali 
Senin,10 Juni 2024 - 14:09:11 WIB
Waka DPRD Provinsi Riau Hardianto Hadiri Focus Group Discussion
SuaraLira.com, PEKANBARU (RIAU) - Wakil Ketua (Waka) DPRD Provinsi Riau Hardianto hadiri Focus Group Discussion (FGD) mengenai Rencana Pembangunan Jembatan yang menghubungkan Pulau Bengkalis (Kecamatan Bengkalis) dengan Pulau Sumatera (Kecamatab Bukit Batu) bersama Tim PUPR dan Bappenas RI, di Kantor Gubernur Riau, Senin (10/6/2024).
 
Ada beberapa aspek yang menjadi landasan dari rencana pembangunan jembatan ini, yaitu aspek sejarah, ekonomi, strategis, kompromistis, dan logis. Jembatan yang rencananya akan dibangun sepanjang 7,6 km dengan desain seperti jembatan Suramadu ini memiliki titik awal dari desa Pangkalan Batang Barat.
 
Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Hardianto menilai, perencanaan ini akan berdampak besar bagi kemajuan infrakstruktur di Kabupaten Bengkalis.
 
“Ini bukan persoalan bahwa ini adalah sebuah pulau kecil, tadi sudah dipaparkan FS (Feasibility Study) yang sudah disusun kawan-kawan dari PUPR kabupaten Bengkalis, apapun ceritanya kita punya semangat yang sama, ini harus maju,” pungkasnya.
 
Selain itu, ia juga menyoroti persoalan abrasi yang sudah belasan tahun menjadi persoalan serius di Pulau Bengkalis yang berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Menurutnya, dengan terealisasinya pembangunan jembatan, akan menjadi salah satu solusi untuk menyelamatkan pulau ini dari abrasi.
 
“Karena kondisi titik kritisnya, satu tahun itu titik kritis abrasi 50 sampai 60 meter daratan jatuh ke laut. Artinya apa? Bisa jadi 30 atau 50 tahun yang akan datang, pulau ini akan habis, makanya kita perlu lakukan pembangunan yang besar-besaran. Mudah-mudahan kita bisa menarik investasi yang besar, maka ketika jembatan ini jadi, bisa menjadi alasan bagaimana ke depan kita bisa mengatasi abrasi, sehingga investasi tidak jadi sia-sia dan pulau akan bisa kita pertahankan,” jelasnya.
 
Turut hadir dalam FGD ini, Pj Gubernur Riau SF Hariyanto, Bupati Bengkalis Kasmarni, Direktur Pelaksana Pembiayaan Infrastruktur Jalan dan Jembatan Kementerian PUPR RI Reni Ahiantini, Perencana Ahli Madya Bappenas RI Astu Gagobi Kendarto, dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bengkalis Ardiansyah, beserta jajarannya. (Advetorial DPRD Riau/Rul)

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :