Ingin punya laptop, pelajar ini bunuh tetangganya pakai pedang, Kamis (03/11/2016)/ (dok/kompas.com)

Ingin Punya Laptop, Pelajar Ini Bunuh Tetangganya dengan Pedang

MEDAN, SUARALIRA.com - siswa kelas dua SMA swasta inisial W (15) di Medan diduga nekat membunuh tetangganya sendiri, Sui Chen alias Sui Tiang (71). Korban warga Kompleks Graha, Jalan Tanah Tinggi, Pasar I, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, Selasa (01/11/2016) lalu.
 
Diduga, W membunuh manula ini karena ingin memiliki komputer jingjing atau laptop.
 
"W ingin punya laptop untuk belajar kelompok. Selama ini dia membuat tugasnya di warnet," kata Kapolrestabes Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto kepada wartawan, Kamis (03/11/2016).
 
Modusnya, lanjut Mardiaz, W berpura pura membeli minuman di warung korban. Saat korban akan mengembalikan uang, W mengikuti korban ke dalam rumah.
 
"Saat itulah, W menikam perut korban hingga tewas. Kemudian mengambil harta benda korban, lalu melarikan diri lewat pintu belakang rumah korban," jelasnya.
 
W mengambil uang korban sebanyak Rp 700.000 dan beberapa slop rokok.
 
Kepada tetangga yang lain, W mengaku telah menjadi korban merampokan dan meminta tolong diantarkan ke klinik untuk mengobati tangannya yang terluka.
 
Satu jam setelah membunuh, W diringkus petugas Reskrim Polsek Sunggal. Saat ini pelaku masih dalam pemeriksaan.
 
"W kita kenakan Pasal 365 ayat 3 KUHPidana dengan ancaman hukuman seumur hidup. Namun karena W masih di bawah umur, biar hakim yang memutuskan nanti," ujar Mardiaz.
 
Sementara itu, berdasarkan hasil otopsi ditemukan empat luka tusukan di tubuh korban, yaitu di mata kiri, di leher, lengan dan jari-jari tangan kanan korban.
 
"Barang bukti pedang tajam yang digunakan W untuk menghabisi nyawa korban sudah kita sita," tambah Kapolrestabes. (kpc/sl)