Massa Pendukung Ahok Nyalakan Lilin di Depan Mako Brimob

JAKARTA - Massa pendukung terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) melakukan aksi menyalakan lilin dan orasi di gerbang Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Dalam aksinya, mereka meminta agar Ahok segera dibebaskan.  
 
Sebagaimana berita ini dilansir detikcom, di lokasi, Rabu (10/5/2017), mereka memulai aksi sekitar pukul 20.00 WIB. Meski ada aksi serupa di sejumlah titik, seperti Tugu Proklamasi, Yogyakarta, juga Papua, mereka memilih melakukan di sini. 
 
"Ya, karena ini sifatnya spontan, jadi kita tidak bisa menahan pendukung. Lagi pula banyak juga di berbagai daerah melakukan aksi serupa," ujar Mulyono, salah satu pendukung Ahok, Rabu (10/5/2017). 
 
Terlihat polisi sudah bersiap mengawasi aksi. Beberapa sepeda motor polisi pun terlihat berjejer.
 
Seperti diketahui, majelis hakim memvonis Ahok 2 tahun penjara karena diyakini telah menodai agama karena mengaitkan Surat Al-Maidah 51 dengan politik pilkada. Majelis hakim juga memerintahkan Ahok ditahan di Rutan Cipinang, Jakarta Timur.
 
Saat ini, Ahok dipindahkan ke Mako Brimob, Depok, agar situasi kondusif, karena aksi para pendukungnya kemarin, Selasa (9/5), sampai melumpuhkan lalu lintas jalan di depan Rutan Cipinang, Jakarta Timur. 
 
(dtc/sl)