Fhoto : Sosialisasi KUR, bagi kelompok dan pelaku UMKM, di Aula SKB Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang,  Rabu (04/09/2019)

Kredit Usaha Rakyat, Diharapkan Mampu Bangkitkan Ekonomi Pelaku UMKM

ACEH TAMIANG (NAD), Suaralira.com - Kredit Usaha Rakyat (KUR)  diharapkan mampu membangkitkan ekonomi pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM).
 
Hal itu disampaikan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab, Drs. Abdullah.
 
Saat membuka kegiatan sosialisasi menyampaikan amanat Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh, dalam Sosialisasi KUR, bagi kelompok dan pelaku UMKM, di Aula SKB Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang,  Rabu (04/09/2019). 
 
“Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan program Pemerintah  yang memberikan kemudahan bagi UMKM untuk memperkuat usahanya.  Melalui akses pembiayaan serta investasi yang ditujukan untuk usaha produktif dan layak dalam berbagai sektor usaha ",  ungkap Abdullah.
 
Lebih lanjut dikatakannya,  KUR bagi pelaku usaha UMKM telah diluncurkan sejak tahun 2007 dan mulai efektif tahun 2008 lalu.  Pemerintah saat ini terus-menerus melakukan evaluasi serta perbaikan-perbaikan, demi kesempurnaan dan memperluas akses  KUR bagi pelaku usaha. Kredit Usaha Rakyat diharapkan dapat mendorong tumbuhnya wirausahawan-wirausahawan baru nantinya.
 
Mewakili Pemerintah Daerah, Abdullah berharap, kegiatan tersebut dapat memberi motivasi bagi semua komponen pemangku kepentingan dan pelaku usaha untuk terus berjuang, melakukan tugas dalam upaya percepatan pertumbuhan ekonomi Aceh yaitu melalui pembinaan Koperasi dan UMKM serta kehidupan perekonomian masyarakat Aceh di masa yang akan datang, sesuai dengan RPJM Aceh Tahun 2017-2022.
 
Asisten III, Ekonomi dan Pembangunan, Drs. Abdullah juga menambahkan bahwa Kredit Usaha Rakyat harus dikawal agar tepat sasaran dan peruntukannya jelas. Sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak menuai masalah yang mengakibatkan kredit macet. Selain itu agar program tersebut dapat dirasakan bagi para wirausahawan yang ada di Bumi Muda Sedia ini, katanya.
 
Pantauan awak Media, sosialisasi tersebut berjalan lancar serta di ikuti 30 peserta dari calon debitur dan pendamping KUR. Sosialisasi juga  menghadirkan narasumber dari Dinas Keperasi, dan UKM Aceh, Rosnita, Account Officer BRI Cabang Kota Kualasimpang, Ikhsan dan Suhartono dari Bank Mandiri.
 
Hadir, Plt. Kepala Dinas Koperasi, UKM & Perindustrian Kabupaten Aceh Tamiang, Saflina Wati  beserta jajarannya sebagai leading sector dan penanggung jawab kegiatan serta para peserta sosialisasi KUR bagi UMKM di Kabupaten Aceh Tamiang. ( tarm / SL )