Bupati Sergai Touring Tinjau Pembangunan Serta Serap Aspirasi Masyarakat

SERGAI (SUMUT), suaralira.com -Bupati Sergai Ir H Soekirman Ikuti  Gelar Touring Edukasi 2020 Jumat, (31/01) dan diawali di Kecamatan Bandar Khalipah menempuh jarak lebih kurang 25 km di lintasan areal perkebunan serta perumahan masyarakat kemudian singgah di beberapa lokasi yang telah ditentukan antara lain SDN 104318 Bandar Khalifah, SMPN 1 Bandar Khalifah, dan SDN 104325 Kp. Manggis Kecamatan Tebing Syahbandar.
 
Gelar Touring Di Ikuti Juga Oleh Kadis PUPR Johan Sinaga SE MAP, 2. Camat Tanjung Beringin Syafruddin, S Sos,  Camat Tebing Syahbandar Syamsul Sijabat, Camat Bandar Khalifah M Khairi, Muspika, Ketua Dewan Pendidikan Agus Marwan, Ketua KONI Aspul Lubis, Pengawas, Kepala Sekolah SD/SMP se-Sergai, Perwakilan Dinas Kesehatan, komite sekolah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai, serta masyarakat sekitar
 
Sambutan Bupati Sergai Ir H Soekirman 
Dalam kegiatan mengapresiasi kegiatan Touring Edukasi. Dalam hal ini pemerintah dapat langsung melihat serta menerima aspirasi masyarakat secara langsung terkait sejauh mana perkembangan pembangunan jalan, jembatan, pengairan serta infrastruktur dan sarana pendidikan yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Sergai.
 
Hal ini karena terdapat 3 urusan wajib pemerintah yaitu bidang Kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur. Maka yang menjadi prioritas kita adalah bidang kesehatan, kemudian bidang pendidikan dan kemudian infrastruktur jalan, jembatan serta irigasi. Kemudian pembangunan bidang lainnya akan menyusul.
 
Meskipun dalam hal anggaran Kabupaten Sergai masih termasuk daerah yang tidak besar namun Pemkab selalu berusaha memaksimalkan anggaran yang ada untuk hasil semaksimal mungin. Untuk itu, lanjut Bupati, diminta kepada masyarakat agar bersabar menantikan pembangunan di daerahnya sebab pembangunan dilaksanakan secara bergilir sesuai anggaran.
 
Kami berharap juga melalui Dana Desa dan ADD dari pemerintah pusat akan dapat meningkatan progres pembangunan desa. Tentunya juga diminta kepada masyarakat agar aktif dalam berpartisipasi memberikan usulan pembangunan serta membayar Pajak Bumi dan Bangunan agar pembangunan dapat merata.
 
Secara khusus Bupati memuji SD 104325 Kampung Manggis Kecamatan Tebing Syahbandar karena telah menjadikan sekolah tersebut jadi yang pertama memiliki toilet berstandar nasional di Sergai. “Kebersihan akan sangat mendukung keberhasilan pendidikan siswa. Saat ini seluruh sekolah di Kabupaten Sergai sedang berlomba-lomba untuk hal yang baik, untuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan.
 
Sambutan Kepala Dinas Pendidikan Drs. Joni Walker Manik MM Salah satu tujuan kegiatan ini adalah melihat perkembangan mutu pendidikan serta pembangunan yang lain. “Ungkapan terima kasih saya sampaikan kepada Komite Sekolah dan masyarakat yang telah mendukung program peningkatan pendidikan yang utama bagi kita semua. Saya melihat hal ini sangat penting untuk bersama-sama kita jaga serta memotivasi anak-anak agar cinta kepada sekolah dan proses belajar.
 
Mendaulat Bupati untuk meresmikan Taman Literasi pertama di Sergai sekaligus menjadikan SMPN 2 Tanjung Beringin sebagai pionir, agar kelak menjadi pemacu sekolah lain mengikuti langkah serupa guna meningkatkan minat baca siswa dan setelahnya sebagai modal penting untuk mencerdaskan bangsa.
 
Sambutan Kepala SMPN 2 Tanjung Beringin Sahari Ardani, M.Pd Berusaha terus meningkatkan mutu pendidikan lewat perbaikan fasilitas belajar-mengajar salah satunya menanggulangi masalah banjir yang menjadi momok sekolah belakangan ini. “Sebab beberapa bulan lalu sekolah ini kerap dilanda banjir. Namun berkat sinergitas yang baik antara sekolah dan Komite Sekolah sehingga saat ini sudah dilakukan pengerukan agar banjir dapat diminimalisir. Selain itu fasilitas wifi ditambahkan untuk menunjuang proses belajar-mengajar.(Darman/SL)