Babinsa Koramil 01/Rengat Ajak Warga Desa Binaan Untuk Buka Lahan Tidur

Rengat-Inhu (Riau), Suaralira.com -- Babinsa Desa Rawa Sekip Kecamatan Kuala Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu, Serda Togu JN ajak warga Desa binaannya melaksanakan kegiatan membuka lahan tidur. Yang mana nantinya dapat dijadikan lahan untuk bercocok tanam,yang berarti dari lahan kosong menjadi lahan produktif.
 
Dengan membuka lahan tidur atau lahan kosong, dapat memberikan contoh kepada warga lainnya untuk ikut mensukseskan program pemerintah yakni swasembada pangan, harapannya agar masyarakat lebih sejahtera dan roda perekonomian bisa berjalan mengingat hingga saat ini wabah virus Covid-19 belum ada tanda-tanda berakhir.
 
Kegiatan ini juga dapat meningkatkan kedekatan antara Babinsa dengan warga Desa binaannya serta memudahkan Babinsa selaku Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil) berbagi informasi dan pengetahuan dengan petani di Desa binaannya dalam bidang pertanian sehingga mendapatkan target yang dicapai.
 
Dalam kesempatan ini Babinsa juga menghimbau "Agar jangan membuka lahan dengan cara dibakar, karena bisa menimbulkan kerugian seperti denda atau sangsi tindak pidana hukuman penjara. 
 
Dampaknya juga bukan hanya dirasakan sama pelaku pembakaran saja, namun juga lapisan masyarakat luas. 
 
Serta dapat menimbulkan kerusakan lingkungan seperti polusi udara kerena asap dan debu- debu yang berterbangan. Hal ini tentu dapat menimbulkan penyakit seperti batuk, pilek, sesak napas, dan lain-lain". (prs/sl)