Salah Satu Lokasi Banjir di wilayah Kelurahan Tangkerang Barat (Foto/Istimewa)

Pemuda Milenial Pekanbaru Dukung Pj Walikota Atasi Banjir

Suaralira.com, Pekanbaru (Riau) --Persoalan banjir yang selama ini jadi permasalahan utama bagi warga Pekanbaru, kecemasan mulai teratasi. Hal ini tak lepas dari kerja keras Pj Walikota pekanbaru Muflihun yang langsung turun ke titik titik langganan banjir.
 
Selain itu anggaran untuk mengatasi banjir pekanbaru tahun ini juga mengalami peningkatan dari 13 milyar tahun lalu menjadi 20 milyar. Usaha usaha tersebut diharapkan dapat menjadi solusi masalah banjir yang selalu melanda kota pekanbaru
 
Namun masih ada juga beberapa lokasi di kota pekanbaru dilanda banjir saat hujan turun. Salah satu lokasi yang masih dilanda banjir adalah kelurahan Tangkerang Barat kecamatan Marpoyan Damai.
 
Untuk mencari solusi mengatasi masalah banjir tersebut Ketua Pemuda Milenial Pekanbaru (PMP)Teva iris mencoba melakukan komunikasi dengan lurah Tangkerang Barat Rusmanto agar bisa menemukan akar permasalahan dan solusi terhadap masalah banjir.
 
Pertemuan Ketua PMP Teva Iris dan lurah tangkerang barat Rusmanto dilaksanakan dikantor lurah tangkerang barat jalan Gulama, Rabu (8/6/22).
 
Menurut Ketua Milenial Pekanbaru Teva iris tujuannya datang ke kantor lurah Tangkerang barat adalah untuk mencarikan solusi masalah banjir yang ada diwilayah tangkerang barat.
 
Banyak wilayah di Tangkerang Barat yang masih menjadi langganan banjir. Jadi perlu untuk dicari cara agar masalah ini bisa dikurangi kalau bisa diatasi.
 
"Banjir adalah masalah klasik yang selalu jadi momok buat warga Pekanbaru. Tentu banjir merupakan masalah kita bersama yang perlu ada solusi secepatnya." Ujarnya Teva Iris
 
Lanjutnya Teva iris mengatakan Apalagi saat ini Pj walikota Muflihun begitu gencar menyelesaikan masalah banjir. Dimana terlihat Pj Walikota turun langsung kelapangan untuk melihat akar permasalahan dari banjir dipekanbaru. Bahkan walikota lebih banyak kepangan melihat kemajuan dinas PUPR dalam menyelesaikan masalah banjir ini. Bahkan banyak sungai dan anak sungai yang sudah bertahun tahun tidak dilakukan normalisasi kini sudah dinormalisasi.
 
"Tentu kerja keras dan usaha Pj Walikota ini perlu kita dukung.Jangan sampai Walikota bekerja sendiri tanpa ada usaha kita bersama, sebab masalah banjir bukan hanya masalah Pj walikota Muflihun seorang diri tapi masalah  seluruh warga Pekanbaru". Pungkasnya
 
"Salah satu daerah yang selalu langganan banjir dan belum tersentuh secara maksimal adalah kelurahan tangkerang barat. Untuk itu Pemuda Milenial Pekanbaru mencoba membahas masalah tersebut dengan lurah, agar nantinya bisa dicari akar masalah dan dicarikan solusi bersama.
 
PMP hadir untuk memberikan manfaat bagi Masyarakat Pekanbaru.Tujuan utama PMP didirikan adalah untuk tugas sosial kemasyarakatan bukan hanya sebagai kontrol bagi bagi pembangunan.Tentu menyelesaikan tugas banjir juga merupakan tanggung jawab PMP dan juga sebagai bentuk dukungan pada walikota yang tanpa lelah menyelesaikan masalah banjir.
 
"Hasil audensi bersama lurah tangkerang barat tadi PMP bersama pihak kelurahan akan mencoba menginventarisir daerah daerah yang selalu kebanjiran. Nanti dari data tersebut akan dilihat apa penyebab banjir didaerah itu. Apakah karena tidak adanya parit atau parit yang sudah dangkal atau bisa juga karena banyaknya aliran air yang sudah dilakukan semenisasi sehingga terjadi penyumbatan." imbuh Teva iris
 
Selain menginventarisir daerah banjir PMP juga meminta lurah tangkerang barat untuk menggalakan gotong royong diseluruh kelurahan Tangkerang barat.
 
"Diharapkan dengan adanya goro mungkin bisa sedikit mengatasi masalah banjir. Dari goro tersebut masyarakat bisa kembali memperdalam aliran air yang ada didaerah mereka serta mengeluarkan sampah sampah yang meyumbat aliran air." Pungkas Iris
 
PMP menyadari betul bahwa masyarakat sangat menderita dengan banjir yang kerap melanda selama ini. Setiap hujan turun masyarakat yang rawan banjir akan selalu merasa risau terjadinya banjir, apalagi jika terjadi dimalam hari.
 
Sebab kerugian yang mereka rasakan sangat besar. Seperti perabotan dan elektronik yang rusak. Belum lagi peralatan sekolah anak yang kena banjir menyebabkan tidak bisa bersekolah.
 
"PMP berharap bahwa Pj Walikota tetap semangat dalam mengatasi banjir di Pekanbaru dan PMP akan selalu berdiri di belakang Walikota untuk mensukseskan semua program demi kesejahteraan masyarakat Pekanbaru." tutup Teva iris. (Rls/zha/sl)