Ketua MA RI Kunker, Sekaligus Lantik Pengurus IKA UII Riau

SuaraLira, PEKANBARU - Ketua Mahkamah Agung (MA) RI Prof Dr HM Syarifuddin SH MH melakukan Kunjungan sekaligus melantik Pengurus IKA UII Riau. Dimana Syafruddin juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Islam Indonesia (UII).
 
Agenda pelantikan berlangsung di Ballroom Dang Merdu Lantai 4 Menara BRK Syariah, dan dihadiri Gubernur Riau. Selain itu tampak juga Kapolda Irjen Pol M Iqbal, Wakajati Riau Akmal Abbas, Ketua Kamar Pidana Mahkamah Agung,  Sekjen DPP IKA UII dan Wakil Rektor III UII Dr Drs Wahidin SH MAg serta Forkompinda Provinsi Riau, Rabu (15/02).
 
Adapun kepengurusan DPW IKA UII Riau yang dilantik yaitu, Ketua DPW IKA UII Joni Irwan SH MH dan Sekretaris Khairil Anuar ST MSi, beserta pengurus DPW Riau yang lainnya.
 
Dalam sambutan Ketua DPW IKA UII Riau, mengucapkan selamat datang Ketua Umum dan Pengurus Pusat DPP IKA UII beserta rombongan.  "Pelantikan IKA UII Riau periode 2021-2026 ini tak lepas dari dukungan senior-senior, Alhamdulillah kerja sama kita dapat terlaksana dalam pengukuhan Ikatan alumni saat ini," ucap Joni Irwan SH MH.
 
Joni Irwan juga memaparkan, seiring perkembangan zaman dengan kekompakan dan kerjasama yang baik, maka segala tantangan akan mampu dilalui dengan baik. Peran Alumni IKA UII dapat bersinergi dengan darma bakti yang telah menaikan dan memajukan Pendidikan di Indonesia, serta Alumni UII menjadi Pioneer menegakkan pembangunan nasional. 
 
"Kami berharap dengan pengukuhan ini, alumni dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau," harap Joni Irwan.
 
Dilanjutkan sambutannya, Wakil Rektor UII Dr Drs Wahidin SH MAg menyampaikan,gy UII tidak asing lagi bagi masyarakat Sumatera khususnya di Provinsi Riau. Dimana dua kali berturut-turut mendapatkan rangking terbanyak mengirimkan putra putri terbaik untuk belajar di UII. 
 
Sementara itu, UII yang didirkan di Jakarta yakni 40 hari sebelum kemerdekaan pada Tanggal 8 Juli 1945 dengan nama waktu itu Sekolah Tinggi Islam (STI). STI saat itu adalah cita-cita luhur dan melihat ketika itu pendidikan tinggi adalah untuk Hindia Belanda, tandasnya.
 
"STI lahir untuk menjadi bukti adanya kesadaran pendidikan di Negeri kita. UII dimiliki alumnii tokoh-tokoh nasional seperti Bung Hatta yakni bapak Proklamator RI. Ada juga M Room, KH Wahid Hasyim yang menjadikan UII menjadi basis mengembangkan nasional dan islami," jelas Rohidin.
 
Presiden Soekarno meresmikan STI menjadi UII pada Tanggal 10 April 1946 yang bertempat di Daleman Pakuwan Jogjakarta. Dari namanya UII memiliki aspek yang dijaga yakni, aspek universitas pengembangan sains ilmu pengetahuan dan teknologi. Dan aspek ke Islaman yakni Islam Rahmatan Lil Alaamin yang merangkul masyarakat. 
 
Sekarang UII berkembang pesat, tak lepas dari peran support para alumni, hingga ada delapan Fakultas 52 Program Studi dan lima Program Doktor. Dimana terdapat 1000 dosen, 28 ribu mahasiswa aktif, 109 ribu alumni tersebar di Indonesia. "Kami dari alumni UII mengajak bapak ibu untuk mendoakan agar Alumni UII selalu eksis dimasa yang akan datang," ajak Rohidin.
 
Sementara itu dalam sambutan Gubernur Riau, mengucapkan selamat datang Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia juga selaku ketua Umum DPP IKA UII dan ucapan juga ini juga saya sampaikan atas mayarakat Riau. "Kami ucapkan terimakasih atas kehadiran Ketua MA RI Prof Dr HM Syarifuddin dan kesan yang hangat," ucap Gubri Syamsuar.
 
"Kami akan mengurus kerjasama antara UII dengan Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini. Alumni universitas memiliki peran penting terhadap bangsa dan negara. Karena alumni memiliki dan tempat peran strategis berperan terhadap almamater," ujar Syamsuar.
 
Syamsuar juga mengucapkan terimakasih kepada alumni atas peran dan kontribusi pembangunan provinsi dan kabupaten/kota, dimana Riau menjadi pusat pembangunan di Indonesia. 
 
Pertumbuhan ekonomi di Riau Tahun 2022 kenaikan 455 persen secara parsial berkontribusi terhadap perkonomian nasional. PDRB Riau terbesar kelima atau terbesar diluar pulau Jawa. Investasi di Prov Riau Rp 82,5 Triliyun. Investasi provinsi Riau efek menciptakan pembangunan ekonomi yang kondusif dan kita mengoptimalkan potensi dan berkolaborasi dengan Sumber Daya Manusia serta Sumber Daya Alam, tandasnya.
 
Selanjutnyq, tampak dalan ruabgan acara kegiatan Pelantikan Pengurus DPW IKA Universitas Islam Indonesia Provinsi Riau berjalan aman, tertib dan lancar. Serta menerapkan secara ketat protokol kesehatan (prokes). (red/ ka/ sl01)