Babinsa Tetap Pantau PMK pada Hewan Ternak Masyarakat Binaan

Suaralira.com, Rengat – Bintara Pembina Desa Koramil 01/Rengat Kodim 0302/Inhu Serka Surwaidi melaksanakan pemantauan dan melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak Sapi milik warga binaan yang berlokasi di Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat 04/07/2023.
 
Saat mengunjungi salah satu peternak sapi milik warga, Babinsa menyampaikan kegiatan ini kita lakukan sebagai upaya antisipasi serta memantau pengecekan kesehatan hewan ternak.
 
Dan terkait wabah PMK, bagi masyarakat terutama yang memiliki hewan ternak Sapi atau kambing supaya tetap perhatikan kebersihan kandang.
 
Saat Babinsa turun ke desa binaan serta melihat secara langsung hewan peliharaan masyarakat untuk memastikan kesehatan hewan ternak yang kemungkinan adanya ciri-ciri hewan tersebut terjangkit wabah PMK,” jelasnya.
 
Menurut Babinsa, pihaknya juga rutin melakukan himbauan kepada peternak untuk dapat menjaga kebersihan kandang dan lingkungan serta harus bisa mengenali gejala dan ciri-ciri hewan ternak yang tertular wabah PMK.
 
Warga tidak perlu takut melaporkan ke petugas, jika didapati kesehatan hewan ternaknya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan, luka pada kuku (kuku terlepas), melepuh pada mulut, lapor kepada instansi terkait dan Babinsa supaya penanganannya lebih cepat, pesan Babinsa.
 
Serka Surrwaidi selakku Babinsa kepada suaralira.com di lapangan tak bosan-boosannya menyampaikan kepada Masyarakat untuk selalu memeriksa kesehatan Hewan  ternaknya. 
 
Langkah ini merupakan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung dan juga menyemprotkan cairan desinfektan.
 
Kami juga memberi penyuluhan dan pengetahuan. Dengan harapan, para peternak juga bisa bekerja untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus ini. Sehingga, wilayah khususnya di Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat ini aman dari virus PMK” ujarnya.
 
Walaupun wabah PMK saat sudah bisa dikendalikan namun kami akan terus melakukan pengecekan hewan ternak dan penyemprotan ke kandang kandang.
 
Untuk itu, kami berharap agar peternak terus menjaga kebersihan hewan ternak, kandang, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” Pungkasnya(Pr4as/sl)