PMK Menurun dan Peternak Tersenyum Ini Penjelasan Serma Sumarno

Suaralira.com, Rengat - Terus menggerakkan dan pengecekan kepada peternak guna mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada ternak meningkat Kembali di wilayah binaannya, Babinsa Desa Kuantan Babu Koramil 01/Rengat, Serma Sumarno melakukan monitoring peternakan sapi milik Rianto di Dusun Tanjung Sari Desa Kuantan Babu, Kamis (20/7/2023). 
 
Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Kuantan Babu Serma Sumarno  turun langsung memantau kondisi kesehatan ternak sapi, kerbau, dan kambing di sejumlah peternakan warga yang ada di Wilayah Binaannya.
 
Bertujuan, untuk mencegah penyebaran virus PMK dengan memperhatikan gejala terjangkitnya ternak oleh virus tersebut.
 
"Agar bagi Masyarakat atau peternak disarankan agar selalu menjaga kebersihan kandang dan memperhatikan kesehatan hewan ternaknya dan mengantisipasi datangnya ternak sapi, kerbau, dan kambing dari desa lain walaupun saat ini Penyakit Mulut Dan Kuku cendrung menurun,"imbau Serma Sumarno.
 
Selanjutnya, bagi warga yang mendapati gejala ternak seperti air liur berlebihan, lepuh (lesi pada gusi), luka pada kuku (kuku terlepas), lepuh pada mukosa mulut, lepuh (lesi pada lidah), dan gejala lainnya, agar segera melaporkan ke petugas Kesehatan ternak atau kepada Babinsa agar Cepat Di antisipasi Tutur Serma Sumarno.
 
Berdasarkan pantauan Babinsa dan petugas terkait, kondisi ternak sapi sehat dan belum ditemukan gejala virus Penyakit Mulut Dan Kuku. (Pr4as/sl)