Kelurahan Pasar Kota Rengat Tumpah Ruah Rayakan HUT RI Ke-78 Mengisi Berbagai Kegiatan Perlombaan

Suaralira.com, Rengat -  Perayaan HUT ke-78 pada tanggal 17 Agustus 2023. Kemerdekaan Indonesia yang dirayakan setiap tahunnya tentu memiliki makna yang sangat mendalam bagi masyarakat Indonesia, salah satunya adalah perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.dan di Daerah Kabupaten, Kecamatan, Keluarahan hingga Desa turut meranyakanya. 
 
Dengan melakukan berbagai kegiatan dilaksanakan Kelurahan Pasar kota Rengat kecamatan Rengat telah menggelar rangkaian perayaan meriah dalam memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78. Kemeriahan berlangsung sejak tanggal 19 smpai selesai dengan berbagai perlombaan dan acara yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat pasar kota. 
 
Kelurahan pasar kota menghadirkan berbagai perlombaan untuk semua kelompok usia, dari anak-anak hingga dewasa. Perlombaan ini tidak hanya menjadi wadah kompetisi yang menyenangkan, tetapi juga sarana edukasi dan hiburan untuk warga.
 
Peringatan HUT RI terjadi pada tanggal 17 Agustus, dengan diadakannya kegiatan sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi aktif masyarakat dalam merayakan kemerdekaan.
 
Acara perayaan ini diberkahi dengan kehadiran Camat Rengat tak hanya membuka acara dengan penuh semangat, tetapi juga memberikan sambutan yang inspiratif serta arahan yang memotivasi kepada Kelurahan pasar kota Rengayt.Camat juga menyampaikan apresiasi mendalam atas semangat dan dedikasi Kelurahan Pasar Kota Rengat dalam menjadikan peringatan HUT RI ke-78 sebagai momen bersejarah dan menginspirasi"ujarnya.
 
Saat dijumpai oleh suaralira.com Lurah Pasar Kota R. Jamaluddin, se disela sela acara mengatakan bahkan Posisi bangsa Indonesia saat ini bukan lagi merebut kemerdekaan, tetapi memberi penghargaan kepada para pahlawan dengan cara menyemarakkan perjuangan-perjuangan pahlawan"katanya
 
Tentunya dengan kegiatan-kegiatan positif yang kita laksanakan yang melibatkan masyarakat khususnya dikeluarahan pasar kota., dengan HUT RI Ke-78 dengan tema "Dirgahayu RI Terus Melaju Untuk Indonesia Maju" Terang nya. 
 
Diantaranya perlombaan yang dilaksanakan yakni perlombaan bola kaki untuk ibuk pakai sarung, tarik tambang, rebut kursi, bakkia sementara untuk bapak bapak yang melibatkan masyarakat warga RT, RW tarik tambang, bakkia. 
 
"Selanjutnya untuk perlombaan anak anak diantaranya makan kerupuk, masukkan paku ke botol, joget balon yang uniknya tampak terlihat warga keturunan dan warga Pribumi campur dalam pelaksaan HUT RI Ke 78," Terangnya. 
 
Selain itu, juga diisi dengan kegiatan perlombaan Kesenian yang menyajikan Marawis juga kegiatan tradisi thiongwa Barongsai serta Randai"paparnya.
 
"Maka, diharapkan dengan adanya rangkaian kegiatan ini, jiwa nasionalisme warga bertumbuh lagi dan bisa pererat silaturahmi antar warga, warga pasar kota,”terang Jamal. (Prasetyo/sl)