PKS SMA 1 Lubuk Sikaping Meriah, Murid SD 32 Tanjung Beringgin sabet Juara II Olympiade Matematika

Suaralira.com, Pasaman (Sumbar) - Abraham Diaz Alghany (10 th) murid kelas 5 SD 32 Tanjuang Baringin, berhasil menempati rangking II (dua) dalam Olympiade Matematika yang diadakan Osis SMA 1 Lubuk Sikaping, dalam ajang Pekan Kreatifitas Siswa (PKS) tahun 2023. 
 
Anak seorang Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pasaman  Budhi Hermawan, merupakan peserta termuda dan satu-satunya peserta dari kelas 5 SD yang berhasil lolos ke final, usai seleksi awal di SMA Lubuk Sikaping, Kamis (26/10) kemaren.
 
"Alhamdulillah, Ibam berhasil juara II di babak final yang berlangsung ketat," ujar Buk Elly, guru SD 32 Tanjuang Baringin. 
 
Diceritakan Buk Elly, dalam babak final olympiade mamatika yang berlangsung Jumat (27/10) pagi tadi, nilai Abraham Diaz sempat kejar-kejaran dengan salah seorang murid kelas 6 SD 05 Pauh Kota Lubuk Sikaping. 
 
"Semula Ibam unggul, lalu disalib oleh rivalnya SD 05 Pauh, kemudian nilai Ibam lagi tertinggi. Salib menyalib ini sempat terjadi beberapa kali, hingga terakhir Ibam kalah dua point," tutur Buk Elly, sembari menyebutkan soal yang diberikan cukup sulit, tidak hanya pelajaran kelas enam akhir, malah ada beberapa soal pelajaran SMP. 
 
Buk Elly dan juga guru-guru SD 32 mengaku bangga dengan muridnya itu. Menurut mereka, walau paling junior dan satu-satunya peserta dari kelas 5, tapi Ibam berhasil mengalahkan seniornya murid kelas Enam SD - SD favorit dan unggul yang ada di ibu Kota Lubuk Sikaping.
 
PKS yang digelar SMA 1 Lubuk Sikaping, berlangsung sepekan, mulai Kamis (26/10). Selain lomba mata pelajaran, juga diadakan lomba tahfidz dan aneka kreatifitas siswa lainnya.- 
 
Budhi Hermawan saat di konfirmasi di ruang kerjanya mengatakan Alhamdulillah puji syukur Pada AllAH SWT anak kita bisa memperoleh juara 2 dalam ajang PKS ,terimakasih pada guru yang telah mengawal Ibam dari awal sampai akhir dan panitia yang telah menyukseskan acara ini.(Fauzan)