Miliki Langkah Konkret, Pengusaha Muda asal Malang Pertemukan Pelaku UMKM dengan Investor

Suaralira.com, Malang - Salah satu pengusaha muda asal Malang Asandra Salsabila memiliki langkah konkret dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Malang Raya yakni dengam menggelar acara yang mempertemukan pelaku UMKM dengan para investor secara langsung bertajuk Idea Fest. 
 
Perempuan berusia 24 tahun yang telah malang melintang di dunia bisnis analitik dan big data ini mengatakan, untuk menyukseskan Idea Fest, sudah ada beberapa investor yang bergabung. 
 
"Investornya yang sudah fix kami undang dari dalam negeri yaitu beberapa konglomerasi, venture capital dan juga ada beberapa angel investor," ujarnya dalam keterangannya, Minggu (3/12/2023). 
 
Menurutnya, melalui Idea Fest ini pihaknya akan berupaya mengakomodir seluruh kebutuhan pelaku UMKM. Di mana dalam kegiata Idea Fest ini, usaha yang masih berbentuk ide saja akan difasilitasi oleh pihaknya dengan pertemuan bersama para investor. 
 
Asandra yang memiliki bisnis bakery ini menuturkan, bahwa para pelaku UMKM yang berkeinginan untuk mendapatkan pendanaan dari para investor dapat mendaftar di laman https://tujuhbelasanmalangraya.id/. 
 
"Seleksi pengajuan proposal bisnis sudah dibuka dan akan ditutup pada 10 Desember 2023," tuturnya. 
 
Hingga saat ini, sudah banyak para pelaku UMKM yang mendaftar untuk mengikuti acara Idea Fest. Di mana untuk kategori UMKM yang dapat mendaftar, Asandra tidak memberikan batasan. 
 
"Segala jenis rencana bisnis diajukan dalam Idea Fest ini mulai dari teknologi, Food n Beverage, Artificial Inteligence dan lain-lainnya," katanya. 
 
Lebih lanjut, pihaknya menjelaskan bahwa Idea Fest sendiri digelar untuk menjadi wadah dan jawaban bagi para pelaku UMKM yang kerap kali mengeluhkan akses permodalan usaha. 
 
"Mereka semua mengeluhkan satu hal yaitu bagaimana cara memulainya ataupun mereka juga tidak punya modal awal untuk mengembangkan usaha itu," ungkapnya. 
 
Hal itu pula yang membuat perempuan lulusan University College Dublin Singapore ini menginisiasi digelarnya Idea Fest yang mempertemukan pelaku UMKM dengan para investor. 
 
Sementara itu, pihaknya berharap kegiatan Idea Fest ini dapat menjadi solusi atas keresahan yang dialami para pelaku UMKM, khususnya dibidang akses permodalan usaha. 
 
Selain itu, para pelaku UMKM juga dapat tumbuh dan berkembang dengan masing-masing jenis UMKM-nya, serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Malang Raya. 
 
(Suwandi/sl)