Babinsa Monitor dan Lakukan Pengecekan Ternak Sapi Diwilayah Binaan

Suaralira.com, Rengat - Dalam   pencegahan wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) terhadap hewan ternak, Babinsa  Koramil 01/Rengat, Sertu  Rahmansyah memantau dan melakukan pengecekan terhadap ternak sapi milik bapak Teguh  di desa Alang kepayang Kecamatan Rengat barat  , Kamis (14/12/2023).
 
Sertu  Rahmansyah kepada suaralira.com mengatakan bahwa, melakukan pengecekan ke tempat warga, pihaknya juga sekaligus memberikan sosialisasi pencegahan wabah PMK.
 
“Kita melaksanakan pengecekan sapi-sapi milik pak Teguh, ada beberapa ekor tadi sudah kami periksa dan alhamdulillah tidak kami temukan ciri atau gejala adanya penyakit mulut dan kuku. Semua dalam kondisi sehat”, ucap Babinsa.
 
“Kita juga mengimbau kepada warga untuk segera melapor kepada Babinsa atau petugas keswan apabila ada hewan ternaknya mengalami tanda-tanda penyakit PMK, agar segera dilaksanakan penanganan sehingga tidak menimbulkan kerugian yang besar”, pesannya.
 
Agar hewan ternak dimiliki tetap sehat, maka kita harus menjaga kebersihan kandang dengan cara membuang kotoran nya setiap hari dan menyemprot kandang dengan menggunakan Disinfektan untuk membunuh Virus.
 
Sementara itu, Danramil 01/rengat  kapten inf Hb Sitepu kepada suaralira.com juga mengatakan bahwa, saat ini seluruh personel Babinsa ditugaskan untuk membantu dalam usaha pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).
 
“Saat ini pemerintah sedang berusaha untuk memutus penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku, selain imbauan dan penyemprotan juga dilaksanakan vaksinasi, serta pemasangan Ear Tag pada ternak seperti yang sudah dilakukan di beberapa wilayah”, jelasnya.
 
Danramil juga berharap dengan adanya Babinsa yang turun langsung kelapangan setidaknya akan mencegah terjadinya Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak milik warga  disertai sosialisasi tentang PMK, “tambahnya.(Pr4as/sl)