Dandim 0302/Inhu Hadiri Vitcom Bersama Kemendagri Terkait Pengendalian Inflasi di Daerah 2024.

Suaralira.com, Inhu - Guna penangan inflasi di daerah perlu dilaksanakan antisipasi kenaikan harga, dan perlindungan yang dilakukan sebagai langkah kongkrit ,hari ini Pemerintah dan forkopimda melakukan rapat  Koordinasi Langkah Kongkrit Pengendalian Inflasi di Daerah Tahun 2024 Selasa tanggal 04 Juni 2024 pukul 08.00 Wib Bertempat di Ruang VIP Lantai 4 Kantor Bupati Kabupaten Indragiri Hulu. Inhu.

Selain itu juga dilakukna dan mengengrakan pemaparan Kementrian dalam Negeri secara vitcon terkait tentang langkah kongkrit dalam pengendalian Inflasi Daerah.

Usai vitcon Bupati Indragiri Hulu yang diwakili oleh Ir. H. Hendrizal, M.Si
( Sekda Kab. Inhu) disampaikan dalam pola penanganan inflasi di daerah dampak dari kenaikan harga, dengan evaluasi yang dilaksanakan secara reguler, mulai dari daerah hingga pusat.

"Selanjutnya ad alangkah yang pérlu diambil yang harus sitangani yakni1. Mencari penyebab kemudian memperbaiki dan menurunkan angka inflasi di Kabupaten ini dan  kedua adalah dampaknya, Jangan sampai treatment yang kita lakukan salah."sebutnya

Juga ditekankan kepada kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) agar menghimbau masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangan di rumahnya menanam komoditas yang dibutuhkan, sehingga akan mengurangi biaya, "pesannya

" Selain itu juga terkait dengan kegiatan Bazaar murah, forkopimda turun dan turut serta mendukung kegiatan Bazaar murah dalam rangka Penutupan TMMD ke-120 tahun 2024 nantinya.

Waktu yang sama juga Letkol Inf Emick Chandra Nasution, M.P.M
( Dandim 0302/Inhu) juga menyampaikan bahwa TNI khususnya Kodim 0302/Inhu telah melaksanakan program Ketahanan Pangan dengan terwujudnya kedaulatan pangan masyarakat.

Melalui ketersediaan (produksi dan cadangan pangan), keterjangkauan, konsumsi pangan dan gizi serta keamanan pangan berbasis bahan baku, sumber daya dan kearifan lokal, "papar Dandim.

Menurutnya tentang ketahanan pangan harus memenuhi Ada 4 (empat) komponen, yaitu 1.Kecukupan ketersediaan bahan pangan,2.Stabilitas ketersediaan bahan pangan tanpa fluktuasi dari musim ke musim atau dari tahun ke tahun,3.Aksesibilitas/keterjangkauan terhadap bahan pangan, dan ke empat adalah Pemanfaatan Bahan pangan/ Lahan, "terang Dandim.

Hadir dalam Kegiatan Vitcon dengan Kementrian dalam Negeri serta penyampaian Sekda dan Dandim 0302/Inhu diantaranya ,Ir. H. Hendrizal, M.Si( Sekda Kab. Inhu)
Letkol Inf Emick Chandra Nasution, M.P.M( Dandim 0302/Inhu),Paino, SP
( Asisten Perekonomian dan Pembagunan Setda Kab. Inhu) ,Mahesti Utami
( Pimpinan Cabang Bulog Inhu) Guswandi, S.ST, Kepala Badan Pusat Statistik Kab. Inhu) ,Arif Sudaryanto, ST, MT( Kadis PUPR Kab. Inhu)
H. Ergusfian, S.Sos,( Kadis Perindag Kab. Inhu), Dedi Dianto, SP
( Kadis Pertanian dan Perikanan Kab. Inhu) ,Jawalter, M.Pd, (Kadis Perhubungan Kab. Inhu) , Venny Rismawanti, S.ST, M.PH, ( Plt. Kadis Ketahanan Pangan Kab. Inhu), Muhendra, S.Sos, M.PH( Sekretaris Badan Kesbangpol Kab. Inhu),  Harianis, S.Sos, M.Si( Sekretaris BPKAD Kab. Inhu), Kosmas Saragih
( Irban II Inspektorat Kab. Inhu),Mufrizal, ST( Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kab. Inhu),  Yuni Rachim
( Mewakili Bagian Hukum Setda Kab. Inhu) ,Suzandi, S.Sos
( Kabid Linmas Satpol PP Kab. Inhu)
Indra Budiman, S.Sos, M.Si
( Kabid Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Kab. Inhu) ,Rusparizal
( Mewakili Diskop UKM Kab. Inhu)
Raja Andrizal ( Mewakili Bappeda Kab. Inhu). (Prass.sl)