Danramil 01/Rengat Pimpin Turun Tangan Berjimbaku Lakukan pemadaman api di Desa Sungai Guntung Tengah.

Suaralira.com, Rengat - Danramil 01/Rengat Kapten Inf HB. Sitepu memimpin pelaksanaan pemadaman api dan pendinginan di lahan yang terbakar, di Desa Sungai Guntung Tengah Kecamatan Rengat Kab. Indragiri Hulu.minggu 21 juli 2024.

Puluhan hektare kebakaran terjadi ditanah dengan konstur jenis gambut dengan vegetasi semak belukar dan tanaman sawit yang terbakar. Dugaan api diduga berasal dari kanal kebun masyarakat kebakaran ini timbul akibat cuaca panas dan angin kencang.

Untuk mengatasi kebakaran tersebut, tim pemadam kebakaran yang terdiri dari TNI, Manggala Agni, BPBD Kab. Inhu dan anggota yang diturunkan kelapangan saling bahu membahu untuk memadamkan api dengan menggunakan mesin Kohler sebanyak 3 unit, mesin  Ministreker sebanyak 5 unit, dan dua unit (water Bombing) Helikopter pemadam api milik BPBD.

"Meskipun pemadaman dan pendinginan sudah dilakukan, saat ini masih terdapat asap tipis  yang terlihat pada tunggul kayu di tengah-tengah lahan yang sudah terbakar, sumber air di lokasi cukup Jarak tidak begitu jauh

Disela sela memulin kebakaran tersebut Danramil 01/Rengat masih sempat untuk ingatkan dan  menghimbau kepada masyarakat agar selu lebih waspada saat akan membuka lahan tidak dibenarkan dengan cara di bakar karena  bahaya kebakaran hutan dan lahan dapat menimbulkan kerugian bersama.

Selanjutnya juga menyampaikan kepada seluruh anggotanya untuk terus memonitor wilayah binaannya dan melaporkan setiap ada kejadian kebakaran di wilayahnya secepat mungkin guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Dengan tegas kepada masyarakat di wilayah binaan dilarang keras untuk membakar lahan perkebunan, juga kepada warga masyarakat yang sedang memancing agar berhatai-hati dalam penggunaan api selama musim kemarau ini karena sangat mudah menimbulkan kebakaran dan bisa merugikan bagi masyarakat banyak”, tutup Danramil.(Pr4as.sl)