Pelaksanaan PIN Polio SDN 41 Pekanbaru dengan Tim Kesehatan Puskesmas Payung Sekaki Pekanbaru

SDN 41 Pekanbaru ikuti Program Pekan Imunisasi Nasional Vaksin Polio

Suaralira.com, Pekanbaru — Plt Kepala Sekolah Dasar Negeri 41 Hj.Erda Orionelis S.Pd, sekolah beralamat di Jl. Durian No.85, Kel.Labuh Baru Timur Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru menuturkan kepada suaralira.com. Dimana SDN 41 baru saja mengikuti Pekan Imunisasi Nasional Polio Rabu, 24 juli 2024.

Siswa yang berusia 0 - 7 tahun bisa diiikutkan dalam kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dimana Puskesmas Payung Sekaki selaku penyelenggara PIN Vaksin Polio dengan Tim rombongan dari Puskesmas turun langsung memberikan vaksin folio di SDN 41 Pekanbaru dengan jumlah siswa yang ingin divaksin sebanyak 96 orang siswa.

Imunisasi polio ini untuk usia 0 - 7thn, "ujar Tenaga Medis Puskesmas Payung Sekaki dalam kegiatan di SDN 41 Pelanbaru dimana siswa siswi diberikan penceraan tentang Polio yakni penyakit menular sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kelumpuhan/kecacatan seumur hidup hingga kematian.

Polio menular lewat air dan makanan yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung virus polio. Polio disebabkan virus polio yang masuk melalui rongga mulut/hidung, menyebar didalam tubuhan aliran darah dan polio hanya ditetes diberikan 2 kali.

Pekan Imunisasi Polio (PIN) ini didasarkan atas surat edaran dari Dinas Kesehatan kota Pekanbaru serta juga surat edaran Dinas Pendidikan kota Pelanbaru merujuk pada surat Kementerian Kesehatan RI. 

Kegiatan pemberian imunisasi tambahan polio kepada sasaran imunisasi polio tanpa memandang status imunisasi yang lainnya. Kegiatan PIN serentak yang dicanangkan oleh kementeian kesehatan sebagai langkah untuk mencegah terjadinya KLB (Kejadian Luar Biasa) penyakit polio.(Jheff/R/sl)