Sebagai Sumber Pendapatan Bagi Wargan Binaan Babinsa Sambangi Peternak Sapi Demi Cegah PMK

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat Serma Sumarno Kodim 0302/Indragiri Hulu melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) bersama bersama warga Peternak Sapi di Desa Kuantan Babu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu,  Rabu 04/09/24.
 
Ternak sapi merupakan salah satu ternak yang paling banyak dibudidayakan dan diusahakan oleh para  warga desa Kuantan Babu tersebut berperan sebagai sumber pendapatan sampingan bagi warga, membuka kesempatan peluang kerja dan sumber protein hewani.
 
Sebagai Babinsa kerap laksanakan Komunikasi sosial kali ini untuk pendampingan bersama warga binaan peternak sapi.
 
Kepada suaralira.com Serma Sumarno mengatakan bahwa pendampingan ini dimaksudkan agar peternak sapi bertambah semangat dan dapat mengeluarkan semua keluh kesah  tentang kebutuhan para peternak sehingga sapi  dapat dipelihara dengan baik dan sehat"katanya.
 
Maka berkomunikasi dua arah bersama warga binaan peternak sapi agar meningkatkan sumber makanan yang terbuat dari sumber alami agar sapi lebih sehat dan mempunyai daya tahan atau imun yang kuat.
 
Juga dapat selalu menjaga kebersihan kandang dan makanan yang terjaga serta sirkulasi udara yang cukup agar terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku ( PMK), ungkap Babinsa.
 
Di tempat terpisah Danramil 01/Rengat Kapten Inf Hamdeni Sitepu mengingatkan kepada peternak sapi agar dapat selalu menjaga kebersihan disekitar lingkungan dikarenakan kandang ternak tersebut dekat dengan area pemukiman tempat tinggal warga. 
 
Sehingga setiap hari harus dibersihkan dengan harapan agar tidak menimbulkan bau yang dapat mengganggu kenyamanan warga sekitar kandang ternak sapi tersebut, ungkap Danramil. 
 
Bagi Warga Peternak Sapi di Desa Kuantan Babu yang disambangi Babinsa mengungkapkan terima kasih kepada bapak Babinsa yang sudah mengecek ternak kami ini dan alhamdulilah aman. 
 
Sementara untuk sumber makanan buat sapi masih menggunakan pakan yang alami dan disamping itu juga melakukan pengecekan rutin kesehatan agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku (PMK).
 
Makananya diperoleh secara tradisional yaitu dengan cara dicarikan rumput atau daun daunan dari jenis tertentu yang diambil dari kebun di sekitar desa,” ungkapnya(Pr4as.sl)