Tim Itjen Kemenkumham Beri Penguatan ZI Pada Lapas Tebing Tinggi Kanwil Kemenkumham Sumut

Suaralira.com, Tebing Tinggi -- Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tebing Tinggi terima asistensi pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBK/WBBM) dari tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Wilayah V Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham) dan Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sumut. Kamis, 05/09/2024.
 
Siang ini, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Tebing Tinggi Leonard Silalahi menyambut hangat kedatangan Tim Itjen Wilayah V, Kadivmin dan tim Kanwil Kemenkumham Sumut. Kedatangan tim tersebut dimaksudkan sebagai penguatan Persiapan Menghadapi Tim Penilai Mandiri Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas pada lingkungan Lapas Kelas IIB Tebing Tinggi. Adapun penguatan yang diselenggarakan pada Aula tersebut dibuka langsung oleh Kalapas Leonard dan turut dihadiri oleh Ketua ZI Rosanna Sembiring dan tim kelompok kerja (pokja) ZI Tahun 2024. 
 
Bertindak selaku narasumber dalam kegiatan tersebut, Qolbin Salim dan Retna Wandita Tim Itjen Kemenkumham menjelaskan poin-poin yang harus dipersiapkan. Ia menekankan pentingnya mitigasi risiko, peningkatan kualitas layanan di satuan kerja, inovasi yang unggul, serta pengelolaan kehumasan yang baik termasuk didalamnya adalah evaluasi penerapan Manajemen Resiko (MR) pada Lapas Tebing Tinggi. 
 
Selain itu, Kadivmin Kanwil Kemenkumham Sumut Sahata Marlen Situngkir menjelaskan proses penilaian mandiri akan berlangsung hingga bulan Oktober 2024 dan antisipasi berita viral dan tindaklanjuti segera seluruh pengaduan, publikasikan berita positif. 
 
”Persiapkan Diri untuk Kehadiran Mistery Shopper. Kita tidak tahu siapa yang mistery shopper yang akan datang ke satuan kerja kita. Jadi, selalu beri pelayanan yang prima tanpa pandang bulu” terangnya.
 
Usai penguatan tersebut Tim Itjen Kemenkumham dan Kadivmin bersama rombongan melaksanakan peninjauan pelayanan publik Lapas Kelas IIB Tebing Tinggi yang dampingi oleh Kalapas Leonard serta pejabat struktural.(Gabe/sl)