Dengan Gerak Cepat Dan Rutinitas Babinsa Koramil 01/Rengat Turun Pemantauan Terhadap Wabah PMK

Suaralira.com, Rengat - Babinsa Koramil 01/Rengat serda khairul adil putra melakukan pemantauan pada hewan Sapi milik warga yang kerab kali sering terjadi pada hewan peliharaan ternak Sapi milik warga Desa binaan.
 
Penularan penyakit hewan ini begitu cepat perkembangan nya, sebagai Babinsa Koramil 01/Rengat yang ditugaskan diwilayah yang menjadi tanggung jawab kami khususnya di kel kampung dagang Kec.Rengat  kab.Indragiri Hulu. 
 
Upaya tersebut terus rutin dalam penanganan PMK(Penyakit Mulut dan Kuku) ini untuk mengantisipasi perembetan wabah penyakit pada hewan ini khususnya pada hewan ternak berkaki empat dan bertanduk seperti hal nya Sapi yang kami lakukan pemantauan nya.senin (09/09/2024)
 
Ditempat terpisah Danramil 01/Rengat Kaften Inf HB.Sitepu dalam pengarahannya kepada para Babinsa dalam kesempatan ini melalui Babinsa Nya khairul adil putra menjelaskan bahwa, agar selalu pantau terus dalam melakukan pengecekan ke kandang-kandang ternak hewan peliharaan milik masyarakat l. 
 
"Karena hal ini sudah merupakan tugas dari bersama instansi yang terkait dalam penanganan Virus PMK pada khususnya hewan berkuku belah ini.
 
Disini Babinsa  menghimbau pada warga kami memberikan sosialisasi pencegahan wabah PMK dan melaporkan kepada petugas kesehatan hewan atau instansi terkait lainnya apabila ada tanda-tanda hewan nya terserang penyakit PMK. 
 
Yang dapat berisiko patal nanti nya apabila sudah tertular pada hewan peliharaan milik masyarakat di pedesaan kami.Ujar Babinsa. 
 
“Upaya pelaksanaan pengecekan dan pemantauan sapi-sapi milik warga sudah dilakukan, ada beberapa ekor tadi sudah kami periksa,pada saat pemantauan tidak ditemukan ciri-ciri atau gejala adanya penyakit mulut dan kuku,masih dalam keadaan sehat”, tambah Babinsa.
 
“Kami sebagai Babinsa tidak hentinya selalu menghimbau kepada warga untuk segera melapor kepada Babinsa,baik itu instansi terkait lainnya. 
 
Apabila ada hewan ternaknya mengalami tanda-tanda penyakit PMK seperti mulutnya adanya leleran lendir yang terus menerus bercucuran seperti ada luka juga dimulut dan penyusutan berat badannya begitu cepat semakin hari semakin mengurus. 
 
Agar segera dilaksanakan penanganan sehingga tidak menimbulkan dampak yang besar bagi peternak Sapi-sapi lainnya”, pesannya.
 
Warga yang memiliki hewan ternak agar selalu memerhatikan kebersihan lingkungan sekitaran kandang hewan peliharaan ternaknya supaya tetap sehat. 
 
Kepada warga pemilik ternak harus rajin membuang kotoran nya setiap hari dan menyemprot  kandang dengan menggunakan Antivirus untuk membunuh bakteri jahat yang kemungkinan ada menyebar dalam kandang Sapi milik warga.
 
Upaya yang Saat ini Pemerintah setempat dan Babinsa sedang berusaha untuk memutus penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku, selain himbauan dan penyemprotan serta mensosialisasikan penanganan perkara PMK hewan ini juga dilaksanakan pemberian gizi pakan tambahan  serta penyuntikan obat-obatan untuk menambah imun pada hewan ternak milik warga" tutupnya.(Pr4as.sl)