Terus Dengan Aktif silaturahmi cara Babinsa Komunikasi Sosial dengan warga.

Suaralira.com, Rengat - Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) adalah salah satu kegiatan Babinsa untuk mendapatkan informasi maupun mengetahui perkembangan situasi di desa binaan.

Yang dilakukan oleh setiap para Babinsa begitu juga dengan Babinsa desa Talang Jerinjing supaya mendapatkan informasi yang sebanyak-banyaknya baik berhubungan dengan keamanan, sosial, budaya maupun ekonomi.

Kegiatan ini sangat perlu dilakukan karena kita mendapatkan informasi langsung dari warga. Kegiatan Komsos ini dilaksanakan secara Humanis dengan cara kekeluargaan.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Desa Talang Jerinjing Pelda Syafril Arwin mendatangi warung milik bapak Kandar tempat berkumpulnya warga di Dusun 2 desa Talang Jerinjing Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu. Jum'at, 18-10-2024.

Juga melakukannya ketempat-tempat kumpulan warga seperti tempat ibadah, warung maupun lokasi-lokasi dimana tempat aktifitas masyarakat. Kegiatan ini juga diharapkan ada dialog antara Babinsa dengan semua lapisan masyarakat seperti Ketua RT, Ketua RW maupun tokoh masyarakat, tokoh Adat.

Babinsa berdiskusi dengan warga yang bekerja sebagai petani sawit, saat sekarang harga TBS  lumayan harga berkisar Rp. 3.000,-/Kg. Kalau harga tinggi .

Dengan kondisi ini petani merasa senang dan bersemangat merawat dan menjaga kebunnya. Selain itu Babinsa juga mengingatkan warga tetap selalu menjaga keamanan.

Saat sekarang ini ada permasalahan yang sedang terjadi di desa kita, tentang berdiri perusahaan baru yang beroperasi di desa kita, yang mana limbahnya cukup mengganggu masyarakat di sekitarnya.

Terjadi keributan antar warga dengan pihak perusahaan. Babinsa mengingatkan warganya kalau ada masalah coba di mediasi terlebih dahulu sebelum menempuh jalur hukum.

Disini Babinsa berperan aktif untuk mencari solusi dan selalu berkoordinasi dengan Dinas Terkait.

Kegiatan Komsos ini juga merupakan salah satu cara mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan sesuai dengan Delapan Wajib TNI yaitu mengatasi kesulitan rakyat disekelilingnya.

Sehingga keberadaan Babinsa ditenggah-tenggah masyarakat dapat menciptakan rasa aman dan tentram juga meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada TNI khususnya.

Para Babinasa yang ada dilapangan. Dengan Komsos akan tercipta suasana yang harmonis dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas Babinsa di tengah-tengah warganya.(Pr4as.sl)