Datangi Peternak Babinsa Antisipasi penyakit PMK Babinsa Di wilayah Koramil 01/Rengat.


Dibaca: 200 kali 
Kamis,12 September 2024 - 12:52:07 WIB
Datangi Peternak Babinsa Antisipasi penyakit PMK Babinsa Di wilayah Koramil 01/Rengat.
Suaralira.com, Rengat - Guna untuk memberikan motivasi Babinsa Koramil 01/Rgt  Serda Zakirman  mengunjungi  peternakan sapi milik Edo serta turut serta berupaya memajukan usaha peternakan sapi dan mengantisipasi wabah (Penyakit Mulut dan Kuku) PMK yang dapat menyerang hewan sapi milik warga binaan.
 
Saat kunjungan tersebut Babinsa banyak memberikan saran, masukan dan himbauan pada peternak sapi wilayah binaan Koramil 01/Rengat yakni bertempat di Desa Rantau Mapesai Kec. Rengat  Kab. Indragiri hulu, Kamis tanggal 12/09/2024.
 
Kepada suaralira.com Serda Zakirman menuturkan kepada Edo  agar melaksanakan pengecekan rutin terhadap hewan sapi ternaknya.
 
"Hal ini untuk upaya pencegahan dini penyebaran wabah PMK yang sewaktu-waktu bisa mengancam kesehatan sapi ternak.
 
“Pengecekan dapat dilakukan dengan mengambil beberapa indikator yaitu melihat kondisi mulut, hidung, rahang dan kuku pada sapi ternak. 
 
"Apabila ditemukan mulut sapi dalam keadaan luka, agak membusuk ataupun di rongga hidung terdapat luka seperti bernanah, ditambah lagi kuku kaki yang copot, maka hal itu merupakan indikasi sapi ternak terkena wabah PMK,” terang Serda Zakirman 
 
Nah, sebagai upaya antisipasi dan pencegahan terhadap penyebaran wabah PMK, ia menyarankan agar Edo memberikan takaran makanan dengan gizi yang seimbang. 
 
"Selalu memperhatikan kebersihan kandang, memandikan sapi ternak secara berkala dan memberikan suntikan vitamin pada sapi ternak.
 
“Semaksimal mungkin kita lakukan pencegahan terhadap penyebaran wabah PMK pada sapi ternak, agar dapat berkembang dan tumbuh dengan baik serta sehat yang nantinya mampu memenuhi permintaan hewan sapi saat di pasar ternak" Tambah Babinsa Serda Zakirman(Pr4as.sl) 

Akses suaralira.com Via Mobile m.suaralira.com
TULIS KOMENTAR
BERITA sebelumnya

BERITA POPULER
KANTOR PUSAT:
Jl. Angsa I No. 4b Sukajadi – Pekanbaru – Riau - Indonesia
Email Redaksi : suaralira@gmail.com
Email Bagian Iklan : suaralira@gmail.com
Phone : 081266367545
AVAILABLE ON :