Paripurna LKPJ, DPRD Pekanbaru Nilai Pemko Lemah Capai PAD

PEKANBARU (suaralira.com) - Hampir semua Fraksi di DPRD Pekanbaru menilai Pemko Pekanbaru, masih lemah dalam pencapaian target PAD tahun 2015 lalu. Hal itu disampaikan, saat rapat Paripurna penyampaian pandangan umum Fraksi DPRD Kota Pekanbaru, terhadap pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Kota Pekanbaru 2015, Senin (25/7/2016).

Paripurna ini langsung dipimpin Ketua DPRD Pekanbaru Sahril SH dan Wakilnya Sigit Yuwono, serta Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi. Para dewan menilai, tidak berhasilnya capaian PAD, disebabkan lemahnya kinerja SKPD terkait. Sehingga target yang diapungkan jauh dari harapan.

"PAD yang diperoleh Pemko tahun 2015 lalu hanya Rp 492 miliar. Jauh dari yang ditargetkan yakni Rp 1,37 triliun. Padahal banyak potensi PAD untuk digali. Itu yang akan kami pertanyakan. Bagaimana pula langkah ke depan agar target PAD tercapai," kata juru bicara Fraksi Gabungan DPRD Pekanbaru Zulfan Hafiz ST.

Hal yang sama juga disampaikan juru bicara Fraksi PAN, Puji Daryanto. Diterangkannya, Fraksi PAN melihat kinerja SKPD semakin menurun. Hal itu lah yang menyebabkan minimnya PAD. Bahkan banyak PAD yang bocor.

"Belum lagi kenapa Pemko selalu mendapat WDP (wajar dengan pengecualian) hingga tahun ini," terangnya.

Penyampaian Fraksi Gerindra, PKB, PDI-P, Demokrat, Hanura dan Fraksi Golkar juga mempertanyakan kepada Pemko, kenapa PAD turun. Bahkan semua fraksi mengkaitkannya dengan buruknya pengelolaan keuangan yang tidak dievaluasi selama ini. Hingga berita ini dirilis, rapat paripurna masih berlangsung.