Tahun Ketiga Guardiola, City Akan Jauh Lebih Baik

MANCHESTER, SUARALIRA.com - Permainan Manchester City sejak dilatih Pep Guardiola sudah banyak meningkat. Tapi, menurut Guardiola, permainan timnya akan jauh lebih baik saat dia memasuki tahun ketiga.
 
Dikontrak selama tiga tahun oleh City, Guardiola langsung membawa perubahan besar di Etihad Stadium. Permainan City banyak berubah dibandingkan dengan era Manuel Pellegrini. Dengan menerapkan permainan yang berbasis pada penguasaan bola, The Citizens sejauh ini tampil meyakinkan.
 
Setelah menjalani 11 pertandingan bersama Guardiola, City menang 10 kali, seri sekali, dan belum pernah kalah. Sergio Aguero dan kawan-kawan mencetak 33 gol dan hanya kemasukan sembilan gol.
 
Meskipun demikian, Guardiola yakin hasil-hasil impresif di atas baru awal. Seiring berjalannya waktu, pria asal Spanyol itu optimistis City akan makin ganas.
 
"Pada tahun ketiga saya di sini, permainan kami akan jauh, jauh lebih baik daripada sekarang, percayalah," ujar Guardiola seperti dikutip Soccerway.
 
"Kami memenangi banyak pertandingan sekarang berkat antusiasme kami -- seorang pelatih baru, kami masih baru, dan kami memenangi banyak pertandingan seperti itu. Tapi, untuk menciptakan sesuatu yang stabil -- lebih sedikit berlari, lebih stabil, lebih banyak peluang -- Anda butuh waktu.
 
"Pada tahun pertama saya di Barcelona, kami memenangi segalanya. Namun, pada tahun keempat saya, kami bermain lebih baik. Pada tahun ketiga saya di Munich, itu jauh lebih baik daripada tahun pertama, tak ada keraguan soal itu.
 
"Saya cukup yakin bahwa pada tahun kedua dan ketiga saya di sini, kami akan lebih baik daripada sekarang. Dalam hal hasil, kami memang nyaris sempurna. Tapi, untuk cara main, kami masih butuh waktu. Ketika kami memenangi enam, tujuh, delapan laga secara beruntun, orang-orang dan kalian (media) bicara soal empat titel dalam semusim. Sudah berapa kali orang-orang di Inggris memenangi empat titel? Nol.
 
"Tahun pertama saya sangat sulit. Tapi, tahun depan dan pada periode terakhir saya di sini, sepakbola kami akan lebih baik daripada sekarang. 
 
"Namun, itu terjadi pada semua pelatih di seluruh dunia. Masalah bagi para pelatih adalah kami tak punya waktu. Itulah masalah besar yang kami miliki.
 
"Pada tahun kedua, antusiasme sudah hilang -- kami sudah lelah satu sama lain. Sekarang waktunya Anda membangun sesuatu yang stabil, bekerja untuk besok dan bekerja untuk masa depan," kata Guardiola.
 
City sekarang memuncaki klasemen Premier League dengan koleksi 18 poin dari enam laga. Mereka akan dijamu Tottenham Hotspur di White Hart Lane, Minggu (2/10/2016) besok. (dtc/sl)