Mengerikan! ISIS Bakar Hidup-hidup 2 Tentara Turki

Damaskus (suaralira.com) - Kelompok teroris ISIS merilis sebuah video yang menunjukkan dua tentara Turki dibakar hidup-hidup. Video ini dirilis setelah pemerintah Turki bersumpah akan memerangi teror di Suriah, sebagai respons atas kematian 16 tentaranya dalam pertempuran dengan ISIS.
 
Dalam video berdurasi 19 menit tersebut seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (23/12/2016), terlihat dua pria berseragam militer berdiri dalam keadaan diikat dengan kobaran api yang menjalar mendekati tubuh mereka. Kedua tentara Turki itu disebut telah ditangkap kelompok ISIS di kota Aleppo, Suriah.
 
Dalam video tersebut tampak beberapa militan ISIS. Salah satunya mengkritik Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan menyerukan agar "kehancuran ditabur di Turki".
 
Video mengerikan ini mengingatkan kembali akan pembunuhan Maaz al-Kassasbeh, pilot tempur Yordania, yang ditangkap oleh militan ISIS ketika pesawatnya jatuh di Suriah pada Desember 2014. Sang pilot pun dibakar hidup-hidup di dalam kurungan.
 
Video ini dirilis sehari setelah 16 tentara Turki tewas dalam pertempuran dengan militan ISIS di wilayah Suriah. Mereka tewas dalam serangkaian serangan di sekitar kota Al Bab, Suriah pada Rabu (21/12). Ini merupakan serangan paling mematikan terhadap militer Turki sejak negara tersebut melancarkan operasi militer di Suriah empat bulan lalu. Pasukan Turki masuk ke Suriah sejak 24 Agustus lalu untuk mengusir para militan ISIS dan milisi Kurdi dari wilayah perbatasan.
 
Sebelumnya pada bulan lalu, kantor berita Amaq yang terkait ISIS, menyatakan bahwa kelompok ISIS telah menculik dua tentara Turki. Militer Turki pun mengakui telah kehilangan kontak dengan dua tentaranya. dtk/sl