Bupati Bengkalis Minta Masyarakat Bersatu Usai Pilkades

BENGKALI-RIAU, suaralira.com - Sesuai agenda pada Rabu 31/10/2018, masyarakat dari 31 desa yang tersebar di sepuluh kecamatan se-Kabupaten Bengkalis melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin minta kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan pesta demokrasi tingkat desa agar tetap menjaga kekompakan dan persatuan. “Usai Pilkades, kami harapkan agar masyarakat tetap bersatu. Jangan terjadi gap-gap, hargai perbedaan pilihan, ”ujarnya saat meninjau TPS 10 Desa Balai Makam Kecamatan Bathin Solapan.

Dikatakan mantan Kepala Desa Muara Basung ini, pada alam demokrasi, perbedaan pilihan terhadap kandidat pada Pilkades, merupakan hal yang wajar dan lumrah. Jadi setiap orang harus bisa menghargai setiap berbedaan, namun harus tetap dalam kerangka persatuan dan kesatuan, demi kemajuan desa, daerah dan Negara.

Bupati juga berpesan kepada calon kepala desa yang nantinya diberi kepercayaan oleh masyarakat, jangan sampai tepuk dada. Hendaknya bisa merangkul seluruh elemen masyarakat, termasuk calon kepala desa yang kalah.

“Hendaknya setelah pilkades ini kembali seperti biasa. Yang menang jangan tepuk ada, begitu juga yang kalah hendaknya bisa melapangkan dada, ”ungkap Amril Mukminin.

Amril mengatakan, setelah Pilkades ini, tugas berat akan menanti seorang kepala desa dan seluruh masyarakat membangun desa agar lebih maju lagi. Untuk itu, seluruh elemen masyarakat desa, termasuk kepala desa terpilih tetap agar terus membangun semangat kebersamaan dan persatuan. Sesuai rencana, proses pelantikan terhadap kepala desa terpilih, akan dilakukan pada bulan Desember 2018.

Pada pelaksanaan Pilkades gelombang dua, Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama Kapolres Bengkalis AKPB Yusup Rahmanto, Dandim 0303 Letkol Inf Timmy Prasetiyo Harmianto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Yuhelmi, Camat Pinggir Toharuddin, serta sejumlah kepala perangkat daerah, meninjau sejumlah TPS di kecamatan Pinggir dan Bathin Solapan.***(ye)