Plt Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, SH menyerahkan kunci mobil ambulan secara simbolis kepada Kepala Desa

Plt Bupati Kampar Serahkan Ambulan Kepada 23 Desa Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

KAMPAR-RIAU, suaralira.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kampar, Provinsi Riau meberikan bantuan mobil ambulan Toyota Innova kepada 23 desa yang berada di Kabupaten Kampar. Penyerahan mobil ambulan kepada 23 desa dilalukan oleh Plt Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, SH dalam menunjang Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Kepada Masyarakat, Menuju Indonesia Sehat di Desa Kinantan Kecamatan Tapung, Kamis (3/01/2019)

Dalam sambutannnya Plt Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto, SH menyampaikan, dengan adanya bantuan mobil ambulan nantinya masyarakat tidak akan sulit lagi dalam mengatasi kesehatan menuju Puskesmas ataupun Rumah Sakit.

"Kita sadari bahwa di Rumah Sakit untuk berobat memang saat ini sudah digratiskan bagi masyarakat yang kurang mampu, makanya dalam transportasi juga kita berupaya untuk mempermudah masyarakat bahkan bagaimana bisa gratis," jelas Plt Bupati.

Catur menambahkan, dalam hal operasional nantinya, meminta agar Kades melakukan musyawarah dengan masyarakat untuk membahas siapa penanggung jawab, siapa sopir dan bagaimana untuk menanggulangi minyak dalam operasional,” ujarnya.

Dalam musyawarah, sopir yang ditunjuk adalah orang yang baik dan berkompeten, tidak ada alasan Kepala Desa serta Kadus, nantinya ambulan tersebut disaat diperlukan tidak ada istilah tidak ada minyak atau mobil sedang rusak, begitu juga tidak ada pilih kasih dalam penggunaannya,” ingat Plt Bupati.

Sementara itu, dari 23 Kepala Desa yang mendapatkan bantuan ambulan, Kepala Desa Muara Silayan Kecamatan Kampar Kiri, Edison mengatakan, sangat bersyukur karena desanya termasuk salah satu yang mendapatkan bantuan mobil ambulan.

“Kami sangat senang mendapatkan bantua berupa kendaraan transpotasi ambulan untuk masyarakat desa yang membutuhkan. Dimana selama ini apa bila ada warga desa yang sakit, selalu selalu kesulitan masalah transportasi (ambulan) untuk mengatarkan ke rumah sakit,” ungkap Kades Muara Silayan.

Dan berkat bantuan doa masyarakat, serta ihktiar kita, saya mengajukan bantuan kepada Bupati, Alhamdulillah dapat diteriman pengajuan bantuan ambulan untuk desa Muara Silaya,” ujar Edison.

Ambulan yang di bantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kampar itu dalalah amanah, yang harus kami jaga dengan sepenuh hati. Karena transpotasi ambulan adalah paling berharga untuk masyarakat desa, khususnya desa yang saya pimpin (Muara Silaya, red),” tutup Edison.***(dh)