Bupati Serdang Bedagai Ir H Soekirman bersama Kaisar Jepang yang baru Kaisar Naruhito

Bupati Soekirman Beri Ucapan Selamat Pada Kaisar Baru Jepang Naruhito

Sergai (Sumut), Suaralira.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir H Soekirman memberikan ucapan selamat kepada Kaisar Naruhito sebagai Kaisar Jepang yang baru. Ucapan selamat tersebut ditandai dengan pembubuhan nama dan tanda tangan pada buku ucapan selamat di Kediaman Resmi Konsul Jenderal Jepang Takeshi ISHII di Imam Bonjol No. 46 Medan, Rabu (22/5).

Usai melakukan pembubuhan nama dan tanda tangan, Bupati Soekirman mengemukakan bahwa dimulainya era baru kekaisaran Jepang “Reiwa” (beautiful harmony) telah dimulai tanggal 1 Mei 2019 lalu. Kaisar Naruhito yang baru saja naik tahta menggantikan ayahnya bernama Kaisar Akihito.

Soekirman berharap hubungan baik antara Indonesia khususnya Sergai dengan Jepang serta kemitraan strategis yang terjalin selama ini hingga mencapai harmoni yang selaras dapat terus ditingkatkan. Di Kabupaten Sergai, pemerintah Jepang telah menjalin kemitraannya diberbagai lembaga terutama yang berkaitan dengan bantuan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).
 

Dikisahkan Bupati bahwa pada triwulan akhir 2017 lalu Konsul Muda Konjen Jepang Daiki Yokoyama menyambangi Sergai khususnya Pusat Pelatihan Peternakan Terpadu (PPPT) Desa Mangga Dua di Kecamatan Tanjung Beringin.

“ PPPT ini merupakan bantuan hibah dari pemrintah Jepang pada tahun 2014 lalu, yang diberikan kepada Bina Keterampilan Pedesaan Indonesia (BITRA) yang ditandai dengan penandatanganan prasasti antara Bupati Sergai dengan Konjen Jepang Yuji Hamada pada saat itu,” ujar Soekirman.

Bupati Sergai yang merupakan alumni Asian Rural Institute (ARI) di Tochigi 1988 telah beberapa kali melakukan kunjungan dalam rangka menimba pengalaman baik pertanian maupun pembangunan regional di Jepang. Oleh karenanya, Bupati berharap kerjasama antara Jepang dengan Sergai diperkuat dengan baik dan ditingkatkan demi kesejahteraan masyarakat. (DS/sl)