Kedatangan Kemendagri di Kecamatan Balai Jaya, Rohil Terbitkan Tiga Kode Wilayah

Balam (Riau), Suaralira.com -- Direktorat jendral bina administrasi kewilayahan kementri dalam negeri (kemendagri) Drs.Eko Wibowo MBA meresmikan penerbitan kode wilayah tiga kecamatan di Kab.Rokan Hilir (Rohil) Propinsi Riau senin (29/7/2019).
 
Peresmian kecamatan yang masing-masing, kec.balai jaya,  kec.bagan sinembah raya, dan kecamatan balai jaya.
 
Berdasarkan penglihatan suaralira.com rombongan dirjen di dampaingi wakil Gubernur riau, Brigjen TNI (purn) Edi Natar Nasution tiba sekira pukul 09,15 di sambut bupati rohil, H. Suyatno bersama wakil bupati, H. Jamaludin, turut hadir pada kegiatan itu unsur forkopimda serta pejabat vertikal lainnya.
                     
Bupati Rohil H. Suyatno dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kemendagri atas penerbitan kode wilayah kecamatan tersebut.
 
 
"Dia berharap peresmian kecamatan ini dapat memajukan daerah tersebut", Bupati juga mengungkapkan, sekarang ini 14 kepenghuluan atau desa di Kab.Rohil yang belum diregistrasi.
 
Untuk itu ia berharap agar ke 14 desa itu dapat di terbitkan nomor kode wilayah, sementara itu wakil Gubernur Riau sangat mendukung pembentukan tiga kecamatan yang diresmikan tersebut, beliau berharap penerbitan kode wilayah tiga kecamatan ini, berdampak positif terhadap pembagunan di kecamatan tersebut, saya mengapresiasi Pemkab Rohil yang berjuang untuk mendapatkan kode wilayah tersebut. 
                       
Sementara itu menanggapi harapan Bupati Rohil, Dirjen Eko Subowo menjelaskan kode wilayah kepenghuluan, berbeda prosesnya dengan kode wilayah kecamatan, sehingga ia tidak dapat memberikan keputusan, untuk desa penerbitan kode desa merupakan kewenangan Dirjen pemerintah desa.
 
Saya mengucapkan selamat kepada seluruh masyarakat dan apresiasi tinggi kepada Pemprov Riau dan Pemkab Rohil yang sudah bekerja keras untuk mendapatkan kode wilayah tiga kecamatan ini, yang semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat.
                       
 
Dijelaskan, kode wilayah tiga kecamatan itu yakni kec.tanjung medan 14.07.16, kec.bagan sinembah raya 14.07.17, dan kec.balai jaya 14.07.18.
 
Kode wilayah ini merupakan kode unik yang tidak sama dengan kode wilayah kecamatan lainya di indonesa dan merupakan identitas kecamatan.
 
Kemudian Eko Wibowo secara simbolis menyerahkan sertifikat kode wilayah kepada Bupati Rohil Dirjen dan Bupati Rohil kemudian menandatangani prestasi tiga kecamatan tersebut yang di tandai dengan bunyi sirene. (JM/sl)