Fhoto : Tampak Perlombaan Dayung Sampan Sedang Berlangsung di Aliran Sungai Tamiang

Meriahkan HUT RI Ke 74, Pemkab Aceh Tamiang Gelar Lomba Dayung Sampan

ACEH TAMIANG (NAD), Suaralira.com -- Untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI Ke 74, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang menggelar perlombaan Dayung Sampan, yang dilangsungkan di Aliran Sungai Tamiang, Kecamatan Kota Kualasimpang.
 
Ketua Panitia Lomba yang juga Camat Kota Kualasimpang, Aulia Azhari menyebutkan, perlombaan dayung sampan merupakan tradisi yang selalu dilaksanakan  tiap Peringatan HUT RI di Kabupaten Aceh Tamiang khususnya, ujarnya Sabtu(17/08/19).
 
Selain itu, kata Aulia, lomba sampan sudah menjadi tradisi masyarakat aceh tamiang, kegiatan tersebut juga sebagai hiburan rakyat. Merupakan salah satu permainan masyarakat aceh tamiang yang hidup dan tinggal di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) tamiang.
 
Menurutnya, kegiatan tersebut sesuatu yang harus  dan perlu dilestarikan agar menjadi budaya khas masyarakat Aceh Tamiang, untuk itu harus dipertahankan dari generasi  ke genarasi hingga kita dan yang akan datang”, ungkapnya.
 
 
Pantauan awak media, sebelum perlombaan dimulai, sejak pukul. 14.00 Wib tepian sungai terlihat telah dipadati masyarakat yang ingin menyaksikan momen tersebut. 
 
Hampir sepanjang tepian atau di bantaran sungai sebelum perlombaan dipadati masyarakat yang ingin menyaksikan perlombaan tersebut. Sudah menjadi tradisi tahunan tiap peringatan hari kemerdekaan RI di ikuti dengan berbagai perlombaan salah satunya perlombaan dayung sampan.
 
Dalam Perlombaan tersebut terlihat para peserta lomba mengambil garis mulai yang telah ditentukan panitia yaitu dengan garis start  di area perairan Pelabuhan Perahu lapangan bola kaki Kota Kualasimpang. 
 
Menurut pihak panitia, lomba diikuti sebanyak 30 sampan dimana tiap sampan terisi 3 orang kru yang dalam perlombaan tersebut terlihat dilepas oleh Ketua Panitia, Aulia Azhari didampingi Ketua DPRK Fadlon dan Kasdim 0117/Aceh Tamiang Mayor Inf. A. Ayani. (tarm / SL)