Pemkab Bener Meriah Gelar Upacara Hardikda ke-60 Tahun 2019

Redelong (NAD), Suaralira.com - Pemerintah Kabupaten Bener Meriah Menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Daerah (Hardikda) ke-60 Tahun 1019, dilapangan Setdakab Bener Meriah, Senin, 2 Sepetember 2019.
 
Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi yang bertindak selaku Inspektur  Upacara dalam acara tersebut, menyampaikan pidato tertulis Plt. Gubernur Aceh, yang isinya antara lain, Hari Pendidikan Daerah Aceh yang kita peringati setiap tahun tentu bukan hanya sekedar serimoni yang diwarnai dengan upacara  belaka,  lebih dari itu hari Pendidikan daerah ini, sejatinya untuk menjadi momentum untuk mengevaluasi diri, sejauh mana pendidikan yang kita raih selama ini, kata Bupati.
 
“Melalui momentum Hari Pendidikan Daerah Aceh ini pula, kita perkuat tekad untuk melahirkan generasi muda yang cakap, religius, kreatif, inovatif, bekerja keras dan berdaya saing tinggi, serta memilki karakter  yang  ke Acehan yang kental”, kata Bupati menyampaikan Pidato Plt. Gubernur Aceh.
 
Lebih lanjut bupati mengatakan, dengan generasi muda yang berkualitas insyaallah kita akan mampu membawa perubahan menuju Aceh Hebat dimasa mendatang, mengingat pentingnya sector pendidikan untuk membangun Aceh, maka Pemerintah Aceh menempatkan Pendidikan sebagai salah satu perioritas pembangunan dalam RPJMA 2017 – 2022”, ujar Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi.
 
Penyerahan SK terhadap Sekolah yang di Negerikan.
Melalui Program  Aceh Carong, Pemerintah Aceh bertekad untuk mewujudkan generasi Aceh yang mampu bersaing dan mengukir  prestasi  ditingkat Nasional dan Regional, yang dicapai melalui pendidikan yang berkualitas, program ini bisa terwujud jika seluruh elemen masyarakat mendukungnya terutama para pemangku jabatan yang berwenang, untuk dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin, dan saling bersinergi dengan lembaga terkait khususnya dalam membangun pendidikan di Aceh,  jelas Abuya Sarkawi.
 
“Untuk mendukung program tersebut Pemerintah Aceh tidak hanya mengalokasikan dana pendidikan sekitar 20% dari APBA,  tetapi juga didukung oleh dana otonomi khusus Aceh (DOKA), dan kita juga patut bersyukur  bahwa ikhtiar yang telah kita jalankan selama dua tahun ini telah menunjukkan hasil yang menggembirakan”, sebut Bupati dengan menyebut sejumlah pretasi yang di raih oleh para pelajar Aceh.
 
Bupati Bener Meriah juga menambahkan, khusus untuk Kabupaten Bener Meriah, sebagaimana  harapaan dari semua kita agar senantias pendidikan di Kabupaten Bener Meriah terus dapat kita benahi , Alhamdulillah sejak tahun yang lalu, kita 100% telah menyelenggarakan UNBK  untuk tingkat SMA, SMP dan sederajat.
 
Sambung Bupati, kedepan prestasi ini akan terus semakin membaik hasilnya akan lebih jauh akan menggembirakan, oleh karena itu kami berharap  kepada Dinsa Pendidikan Kabupaten Bener Meriah, termasuk Kemenag  Bener Meriah, agar terus membina pendidikan kita agar terus lebih membaik, pinta Bupati.
 
“Sebagai ujung tombak adalah para guru, oleh sebab itu, agar rotasi ataupun penempatan  guru-guru didaerah-daerah yang mungkin belum terpenuhi , agar ini secepatnya di penuhi, kita tidak ingin guru itu menumpuk hanya dibagian perkotaan saja, dibahagian yang cenderung lebih dekat saja, sementara daerah-daerah terpencil , daerah-daerah jauh ini jangan sampai terabaikan, kata Bupati mengingatkan.
 
Diakhir acara Bupati juga menyerahkan SK sebanyak  30 Sekolah yang dinegerikan Tahun 2019.   SMP,  yaitu SMP Janarata dan 29 TK yang tersebar dalam wilayah Kabupaten Bener Meriah.
 
Hadir dalam Upacara Hardikda ke-60 Tahun 2019, Plt. Sekda, Dandim 0106/AT-BM, kapolres, Ketua dan Wakil Ketua sementara DPRK, Para Asisten, Staf Ahli, Ketua TP-PKK, Ketua Darma Wanita Persatuan, para Kepala SKPK, para Kabag, ASN/Non ASN, para Pelajar dari berbagai tingkatan di Kabupaten Bener Meriah dan tamun undangan lainnya. (Dk/bm/sl)