DPRD Sergai Setujui, Pembahasan R-APBD 2020 Pemkab Sergai

Sergai (Sumut), Suaralira.om – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) disetujui. Pembahasan R-APBD 2020 Pemkab Sergai yang dilaksanakan oleh Banggar DPRD Dalam Rapat Paripurna yang berlangsung di gedung DPRD Sergai Desa Firdaus kecamatan Sei Rampah, Kbupaten Serdang Bedagai, Selasa (24/09/2019).
 
Hasil pantauan Mattanews.co, rapat Paripurna tersebut mengagendakan Pandangan Umum Fraksi-fraksi terhadap nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang R-APBD tahun anggaran 2020 sekaligus mendengar jawaban dan keterangan Pemerintah Kabupaten Sergai, yang diikuti sejumlah parpol seperti PAN, Golkar, Hanura, Demokrat, Gerindra, PDI-P, PPP, PKB Untuk menyampaikan pandangan umumnya.
 
Adapun rapat pembahasan R-APBD 2020 turut di hadiri Wabup Sergai H Darma Wijaya, wakil Ketua DPRD Kabupaten Sergai, Defriyati Tamba, wakil Ketua dan anggota DPRD, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Sekretaris Dewan, jajaran kepala OPD, pejabat administrator serta para Camat se-Kabupaten Sergai.
 
Diketahui rapat Paripurna tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sergai, Defriyati Tamba dengan dimulai seluruh fraksi di DPRD menyampaikan pendapat yang berisi saran, kritik dan apresiasi terhadap kinerja Pemkab Sergai di bawah kepemimpinan Ir. H. Soekirman dan H. Darma Wijaya.
 
Selanjutnya, secara berurut wakil Bupati H.Darma Wijaya menyampaikan jawaban dan keterangan pemerintah dengan merespons dari pandangan umum Fraksi-Fraksi DPRD seperti memperhatikan beberapa saran yang disampaikan oleh lembaga Legislatif terhadap kinerja Eksekutif, di antaranya dalam komitmen menggali dan memaksimalkan potensi daerah di beberapa bidang terutama pariwisata.
 
Kemudian beberapa catatan dan anjuran Fraksi mengenai peningkatan infrastrukur juga ditanggapi oleh Wabup dengan memberikan perhatian yang serius.
 
Bukan hanya menggenjot pembangunan infrastrukutur, tapi pemerintah juga tetap akan memaksimalkan kinerja di bidang pendidikan (sudah lebih dari 20% dari total anggaran), kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.
 
Sementara dari Aspek kesehatan berupa peningkatan pelayanan dan fasilitas juga sudah dan akan terus ditingkatkan oleh pemerintah daerah.
 
Selain itu, Pemkab Sergai juga punya komitmen untuk mendorong para pelaku usaha dengan regulasi yang akomodatif, stimulan dan akses yang lebih baik.
 
“Agar Dasar dari kinerja pemerintahan yang ia pimpin bergerak dari prinsip efisiensi, ekonomis dan tepat sasaran,” tutupnya.
 
Rapat ditutup dengan disetujuinya pembahasan R-APBD Tahun Angggaran 2020 yang akan dilaksanakan oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sergai.(DS/sl)