Bupati Sergai Hadiri Pameran Alutsista Kodim di Hut TNI ke 74

DeliSerdang (Sumut), Suaralira.com -- Mengucapkan Dirgahayu kepada segenap unsur TNI yang hadir. Bupati juga mengungkapkan jika rakyat merasa bangga kepada TNI dan semoga kebanggaan ini bisa seterusnya bertahan dengan prestasi dan kinerja tentara yang semakin profesional.
 
Hal ini disampaikan Bupati Sergai Ir H Soekirman Disela-sela kegiatan Hadiri Pameran Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) Kodim di HUT TNI ke 74 di lapangan Tengku Raja Muda Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Jumat (4/10).
 
Soekirman mengatakan, Teruslah menjadi kebanggaan rakyat. Saat ini bisa kita lihat banyak siswa sekolah yang nantinya menjadi putra-putri Indonesia yang tumbuh dan jadi dewasa dengan rasa bangga terhadap TNI.
 
Mengingatkan jika tantangan TNI kedepan akan semakin besar, namun tantangan tersebut tentu dapat diatasi dengan kemampuan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang mumpuni. Semakin mumpuni dan modern alutsistanya, maka NKRI akan disegani di tengah pergaulan internasional,”kata Bupati Soekirman.
 
Soekirman mengucapkan selamat atas prestasi internasional yang kerap diraih oleh prajurit TNI dalam kompetisi menembak antar negara. Baru-baru ini TNI berjaya dengan meraih posisi juara umum pada perhelatan UNIFIL Inter Contingent Shooting Competition 2019 yang berlangsung di lapangan tembak Ebel El Saqi Firing Range, Lebanon Selatan,”jelasnya.
 
Sementara itu, Dandim 0204 DS Letlkol Kav Syamsul Arifin mengatkan bahwa dalam perayaan HUT TNI kali ini dibarengi dengan kegiatan pameran Alutsista yang bertujuan untuk memperkenalkan kepada masyarakat, deretan Alutsista yang dimiliki oleh TNI, khususnya Angkatan Darat.
 
Pada pameran ini di antaranya ada meriam, panser Yanua, meriam 105 Armed dan masih banyak yang lainnya. Semoga dengan kegiatan ini dapat mempererat hubungan manunggal antara TNI dan masyarakat, ”kata Dandim 0204 DS Letlkol Kav Syamsul Arifin.
 
Dirinya menginginkan kegiatan yang sama dapat dilaksanakan di Sergai, “Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sergai, dengan kerjasama yang baik kita dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik. Semoga di tahun selanjutnya dapat kita laksanakan kegiatan yang sama di Sergai,”ungkapnya.
 
Dalam pameran alusista kali ini hadir unsur dari beberapa kesatuan TNI, dengan rincian:
 
A. Armed
1. Meriam 105 mm : 2 pucuk
2. SMR : 1 Pucuk
3. Minimi : 1 pucuk
4. SS2V5 : 4 pucuk
5. Munisi tajam minimi : 1 kotak 200 btr
6. Munisi tajam SMR : 1 kotak 100 btr
7. Personil 8 orang
 
B. Arhanud
1. Meriam 57 mm 560 : 2 pucuk
2. SMB 2,7 : 2 pucuk
3. SS1 R5 : 1 pucuk
4. Pistol P1 : 1 pucuk
5. Munisi exerasi 2 rangkum : 8 butir
6. Munisi tajam SMB 1 kotak : 174 butir
7. Personil 18 orang
 
C. Yonif 121/MK
1. Pistol P1 : 4 pucuk
2. SMB cis 50 Mg : 1 pucuk
3. SM2P2 : 1 Pucuk
4. Ran Anoa : 1 unit
5. Personil 4 orang.
 
Dalam kegiatan ini turut hadir Sekdakab Deli Serdang, Darwin Zein S Sos M AP, mewakili Kapolres Deli Serdang, mewakili Kajari Deli Serdang, serta dimeriahkan oleh ratusan siswa SD
dan SMP. (darman s/sl)