Pulau Berhala di Usulkan Menjadi Tempat Wisata Olah Raga Selam

Sergai (Sumut), Suaralira.com -- Anggota DPR RI Daerah pemilihan Sumut 1, M Husni melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai dalam rangka membahas pembangunan Pulau Berhala sebagai titik pusat pengembangan wawasan bela negara di Indonesia bagian barat dengan konsep "Exo Marine Tourism", Selasa (10/3/2020).
 
M Husni mengatakan, kunjungannya ke Serdang Bedagai dalam rangka menerima masukan tentang Pulau Berhala merupakan pulau terluar dibagian barat Indonesia menjadi salahsatu destinasi wisata. Usulan itu suatu niat keinginan dan usaha serta kerja keras DPRD dan Pemkab Serdang Bedagai dalam memajukan Pulau Berhala.
 
"Selaku anggota DPR RI Bertanggung jawab dalam menerobos Kementerian terkait dalam memajukan Pulau Berhala menjadi pulau terluar di wilayah barat menjadi lokasi objekwisata," katanya.
 
Ia menjelaskan, terkait usulan untuk dukungan dalam membenahi pulau berhala akan diusulkan ke Kenteriaan terkait. Sedangkan masalah penyu Pulau Berhala sudah mendapat tanggapan positif dari Kementerian Perikanan.
 
Usulan dilakukan Pemkab Serdang Bedagai dalam memajukan Pulau Berhala menjadi lokasi wisata dan kawasan bela negara sangat didukung DPR RI," ucap Husni.
 
Masih kata Husni, Pulau Berhala dapat dikembangkan menjadi lokasi destinasi wisata olahraga menyelam. Melihat kawasan tersebut pulau terluar dan lokasinya sangat strategis serta sangat mendukung.
 
"Kita juga akan usulkan perairan Pulau Berhala menjadi lokasi destinasi wisata menyelam," bilangnya.
 
Ditempat terpisah, Kepala Bappeda Kabupaten Serdang Bedagai Prihatina Sagala mengatakan, kondisi Pulau Berhala belum layak menjadi kawasan wisata mengingat masih banyaknya pembenahan harus dilakukan untuk dapat dijadikan kawasan wisata seperti minimnya alat transportasi, minimnya lampu penerangan, air bersih, pos pengamanan dan sarana komunikasi/internet.
 
"Minimnya sarana dan prasarana membuat Pulau Berhala sulit menjadi lokasi parawisata," katanya.
 
Ia menjelaskan, selain itu kondisi dermaga mini di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin menjadi lokasi dermaga menuju pulau berhala rusak dan butuh perbaikan baik bangunan dan sarana jalan menuju dermaga mini yang lokasinya berada disekitar kawasan hutan.
 
"Kondisi dermaga mini menjadi lokasi titik menuju pulau Berhala sangat memprihatinkan sehingga butuh perbaikan," ucap Prihatina.
 
Prihatina berharap, dengan kunjungan kerja anggota DPR RI, M Husni apa diharapkan Pemkab Serdang Bedagai dalam memajukan Pulau Berhala menjadi lokasi destinasi wisata dapat terwujud dengan membantu menjembatani kepada Kementerian terkait agar dalam merealisasi anggaran yang dibutuhkan.
 
"Dengan kedatangan DPR RI usulan memajukan Pulau Berhala menjadi lokasi wisata dapat segera terwujud," tandasnya (Darman S/sl)