Antisipasi Virus Covid-19

Relawan Desa MBB Lakukan Himbauan dan Deteksi Penduduk Keluar Masuk

MUSIRAWAS (SUMSEL), Suaralira.com - Relawan Siaga Virus Corona Disease 2019 (Covid-19) Desa Muara Beliti Baru Kecamatan Muara Beliti terus bergerak dengan beragam aktifitas untuk mengantisifasi merebaknya wabah pandemi Covid-19.
 
Upaaya dilakukan mulai dari deteksi dini bagi penduduk yang baru pulang atau masuk kedesa dari luar daerah, terus melakukan himbauan dan sosialisasi bahaya Covid-19 hingga pada penyemprotan disinsfektan di tempat berkumpul warga dan rumah warga.
 
Penjabat Kepala Desa Muara Beliti Baru, Arief Candra S Hut mengungkapkan hingga Minggu, (05/04/2020) kemarin pihaknya telah mendeteksi ada 28 warga yang masuk ke desa dari luar daerah.
 
"Kepala Dusun dan Linmas serta Relawan terus melakukan pemantauan terhadap warga yang masuk ke desa. Informasi kedatangan warga ini didapatkan dari laporan dari warga, keluarga dan warga itu sendiri yang langsung ditanggapi dengan melakukan pendataan dan data tersebut langsung diserahkan kepada desa untuk ditindak lanjuti," jelasnya
 
Dikatakan Candra, warga yang datang itu selanjutnya diminta untuk mengisolasi mandiri dan terus dipantau kesehatannya oleh pihak bidan desa dan puskesmas selama 14 hari.
 
"Warga yang masik kedesa berasal dari Jakarta, Jawa Tengah, Riau, Bengkulu, Palembang, Musi Banyuasin, Jambi dan lainnya," papar Candra sembari mengatakan  hingga saat ini ke 28 warga tersebut dalam keadaan sehat.
 
Selain melakukan pemantauan warga yang masuk pihaknya juga telah mengeluarkan Surat Edaran yang merupakan tindaklanjut dari kebijakan dan strategy Pemerintah Pusat, Kapolri, Gubernur dan Bupati Musi Rawas dalam menyikapi pandemi Covid-19 ini.
 
Terakhir pihaknya bersama Relawan, Karang Taruna, Posyandu Remaja, Tokoh adat dan agama serta masyarakat melaksanakan penyemprotan disinsfektan ke seluruh wilayah Desa Muara Beliti baik Rumah, Lorong Jalan Desa hingga tempat berkumpul masyarakat seperti Tempat Ibadah, Poskamling, Polindes, Rumah Makan, Fasilitas Pendidikan dan lainnya.
 
"Penyemprotan Disinsfektan ini merupakan salah satu antisifasi penyebaran covid-19, mengingat desa ini dilewati oleh jalan negara dan merupakan pusat pemerintahan kabupaten Musi Rawas,"tutup Candra sembari memberikan apresiasi kepada seluruh relawan dan masyarakat yang terlibat dalam menekan mewabahnya pandemi covid-19 ini. (Hr/adv)