Fhoto : Kalaksa BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra S STP M Si

Antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan Pada Musim Kemarau di Kota Pekanbaru

Pekanbaru, Suaralira.com -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah kota Pekanbaru Zarman Candra S STP M Si,  "memperkuat upaya pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau saat ini".
 
Kalaksa BPBD kota pekanbaru Zarman Candra S STP M Si, Kamis (4/3/2021) melalui seluler yang dihubungi wartawan suaralira.com mengatakan peran serta camat dan Lurah untuk memberikan himbauan kepada masyarakat sangat diperlukan dalam mengantisipasi kebakatan hutan dan lahan (karhutla).
 
Zarman mengajak kepada masyarakat khususnya kota Pekanbaru untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.
 
Karena dengan kesadaran tinggi dari masyarakat secara tidak langsung sudah membantu pemerintah dalam pencegahan karhutla.
 
Tanggal 15 Februari yang lalu pemerintah provinsi Riau telah menyatakan siaga darurat karhutla.
 
Jadi kami dari BPBD kota Pekanbaru melakukan persiapan persiapan dalam hal penanggulangan bencana.
 
Khususnya kebakaran lahan yang ada di kota Pekanbaru sebagaimana arahan  Presiden dan juga arahan dari Gubernur serta juga Walikota Pekanbaru.
 
Zarman menyampaikan bagaimana kami BPBD Kota Pekanbaru melakukan kesiapsiagaan.
 
Baik itu berkoordinasi dengan instansi vertikal TNI, Polri dan juga masyarakat yang ada di 15 Kecamatan di Kota Pekanbaru.
 
Peran serta daripada Camat dan Lurah sebagai aparat wilayah diharapkan dalam hal melakukan himbauan kepada masyarakat khususnya untuk tidak membakar lahan sembarangan atau membuka lahan dengan cara membakar.
 
Apalagi kita dihadapkan dengan musim kemarau karena curah hujan di kota Pekanbaru cukup rendah.
 
Harapan kami kepada kita semua untuk melakukan kesiapsiagaan.
 
Baik dari kami BPBD, TNI dan polri, juga harapan kami kepada seluruh masyarakat kota Pekanbaru untuk bisa melakukan himbauan.
 
Sebagai penyambung lidah kami BPBD kota Pekanbaru untuk tidak melakukan pembakaran secara ilegal oleh masyarakat, "ujar Zarman. (Jeff/sl)