KNPI Kepulauan Meranti Laksanakan agenda Peringatan Sumpah Pemuda Ke 93

Meranti, Suaralira.com -- Rangkaian Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 93 Tahun diwarnai dengan Pelaksanaan jambore Pemuda Meranti yang dilaksanakan di kelurahan Teluk Belitung kecamatan Merbau. Momentum sumpah pemuda yang dilaksanakan secara bersamaan di seluruh Indonesia saat tanggal 28 Oktober 2021 secara virtual diikuti oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) kabupaten Kepulauan Meranti bersama Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Unsur Forkopimda Meranti lainnya digedung Hijau kantor bupati kabupaten Kepulauan Meranti. 
 
Setelah agenda tersebut, DPD KNPI meranti juga menghadiri peringatan yang sama dan peringatan hari ulang tahun Pemuda Pancasila (PP) yang ke 62 Tahun yang dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Riau, Bupati Kepulauan Meranti, Ketua DPRD Meranti, Kapolres Meranti dan sejumlah pejabat lainnya dikantor sekretariat Pemuda Pancasila Kabupaten Kepulauan Meranti. Minggu (31/10/2021)
 
Semntara itu DPD KNPI kabupaten Kepulauan Meranti Melaksanakan agenda Peringatan hari sumpah pemuda dengan menghadirkan seluruh perwakilan pemuda kecamatan di satu titik yang sama kecamatan Merbau dengan agenda Jambore Pemuda Meranti mengangkat tema Menuju Meranti maju cerdas dan bermartabat. 
 
Saat dikonfirmasi melalui Ketua KNPI Kecamatan Merbau Bung Azman, SH membeberkan rangkaian agenda jambore Pemuda. 
 
"Alhamdulillah agenda jambore Pemuda meranti yang dilaksanakan di kecamatan Merbau telah usai kita laksanakan sejak kedatangan tamu dari luar kecamatan dan kabupaten mulai hari sabtu tanggal 30 Oktober sampai minggu tanggal 31 Oktober telah sama-sama kita ikuti dengan baik. Perlu kami sampaikan Berikut beberapa agenda penting dalam pelaksanaan jambore yakni pembukaan dengan dihadiri wakil bupati kabupaten Kepulauan Meranti H Asmar dan wakil ketua DPRD meranti H Khalid Ali, Kadisparpora Rizki Hidayat, Kapolres Meranti, kapolsek Merbau, Camat Merbau, Camat Tasik Putri Puyu, Camat Rangsang, Camat Tebing Tinggi, BPBD, Kesbangpol, dan seluruh perwakilan kepala desa se kecamatan Merbau. 
 
Juga Ketua dan pengurus DPD KNPI Provinsi Riau. Dengan diisi pengarahan dan sambutan yang memotivasi para pemuda Meranti untuk bergerak maju tumbuh dan berkembang kearah yang lebih baik kemudian dilanjutkan dengan prosesi pelantikan pengurus DPK KNPI se Meranti disaksikan oleh Ketua DPD Provinsi Riau Fuad Santoso SH MH. 
 
Kemudian dimalam harinya setelah sholat isya berjamaah kita mengambil momen untuk peringatan hari besar islam maulidurrasul Muhammad SAW yang diisi oleh penceramah ust Arifin SPdi MPd Dengan kisah teladan nabi dalam gelora juang pemuda membawa perubahan besar untuk dunia. Dilanjutkan dengan malam keakraban silaturahmi dengan pengurus KNPI kabupaten dan provinsi dan OKP. 
 
Menjelang subuh kita laksanakan agenda sholat tahajjud dan muhasabah kemudian subuh berjamaah di masjid dan agenda jalan santai ke lokasi wisata edukasi Mangrove Merambai kelurahan Teluk Belitung. Disini kita melaksanakan agenda penanaman mangrove bersma untuk menjaga kelestarian ekosistem demi generasi masa depan." Beber Ketua KNPI kecamatan Merbau yang juga Sekretaris Desa Mekar Sari  Bung Azman. 
 
Ketua pelaksanaan jambore Pemuda Meranti Bung Niky suhendra memberikan informasi bahwa peserta direncanakan hadir sebanyak 250 orang namun yang terdaftar ada hampir 200 orang . Diantaranya mereka yang berangkat menggunakan jalur laut dengan kapal kempang rombongan dari DPD kabupaten dan KNPI yang berasal dari kecamatan tebing tinggi, kecamatan rangsang, rangsang pesisir, rangsang barat, Tebing tinggi timur, tebing tinggi barat. Kemudian juga ada yang sebagian menggunakan sepeda motor dari tasik putri puyu dan pulau merbau. 
 
"Alhamdulillah kita sangat berterima kasih kepada seluruh anggota KNPI yang ikut serta terlibat dalam mensukseskan agenda jambore pemuda ini. Semoga semngat kebersamaan kita bisa tertular kan kepada pemuda yang lainnya sehingga membawa meranti maju cerdas dan bermartabat yang lebih baik lagi kedepannya. Dan kita juga menginginkan agar Masyarakat bisa merasakan kehadiran knpi untuk rakyat". Terang ketua panitia pelaksana niku suhendra. 
 
Dalam pelaksanaan jambore pemuda meranti ini juga didukung oleh dinas kesehatan kabupaten Kepulauan meranti yang langsung menurunkan tenaga medis untuk pelaksanaan vaksinasi. 
 
Terlihat antusiasme tidak hanya pemuda yang ikut di acara jambore dalam mengikuti vaksinasi tapi juga masyarakat dalam mengikuti vaksinasi yang dihadiri oleh tenaga kesehatan dari puskesmas teluk belitung. 
 
Terakhir agenda ditutup langsung oleh ketua DPD KNPI Provinsi Riau saat Apel siaga Jambore dan makan siang bersama. (Sang/sl)