Bupati Mura Hj Ratna Machmud Hadiri Sedeka Bumi Desa srimulyo kecamatan STL Ulu Terawas Kabupaten Musirawas

Hadiri Sedekah Bumi Ultah Desa Srimulyo Bupati Musirawas hj Ratna Machmud Beri Apresiasi Positip

 

MUSI RAWAS (SUMSEL) , suaralira.com– Sedekah Bumi dan Ulang Tahun Desa Srimulyo, Kecamatan STL Ulu Terawas, Kabupaten Musi Rawas (Mura), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang ke-59 tahun mendapat apresiasi dari Bupati Mura.

“Semoga dengan momentum peringatan hari jadi yang ke-59 ini, masyarakat Desa Srimulyo semakin termotivasi dan semangat bersama aparatur pemerintahan membangun Desa Sri Mulyo lebih baik lagi,” ungkap Bupati Ratna Machmud saat menghadiri acara  Sedekah Bumi dan Ulang Tahun Desa Srimulyo yang ke-59 tahun, Minggu (21/8/22).

Karena, sambung Bupati, dalam membangun dibutuhkan semangat, kekeluargaan, kedamaian dan persatuan, sebab hal tersebut merupakan wahana untuk merangkai, evaluasi terhadap apa yang sudah dilaksanakan.

Selain itu, lanjut Bupati, pada momentum ulang tahun Desa Srimulyo, dapat memberikan warna yang baru bagi perjalanan sejarah Desa Srimulyo dengan mengenang kembali sejarah terbentuknya Desa Srimulyo.

“Kegiatan sedekah bumi ini, merupakan tradisi turun-temurun atau warisan dari nenek moyang dahulu khususnya di Kecamatan STL Ulu Terawas,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengungkapkan, sedekah bumi merupakan sebuah ritual warisan yang memiliki nilai-nilai luhur budaya bangsa. Oleh sebab itu, budaya bangsa harus dijaga dengan baik termasuk menjaga tradisi-tradisi yang ada.

“Dengan menjaga tradisi budaya yang turun-temurun ini, sama halnya kita melestarikan tradisi agar tidak hilang digerus oleh perkembangan kemajuan zaman,” jelasnya.

Bupati Ratna Machmud menerangkan, kegiatan sedekah bumi juga sebagai wujud keharmonisan antara manusia dengan alam semesta,dengan menampilkan rasa syukur atas nikmat dan karunia hingga rahmat dari Allah SWT yang telah memberikan hasil panen yang berlimpah ruah, kesejahteraan serta kesehatan masyarakat selama ini, sehingga selaras dengan visi misi Kabupaten Musi Rawas yang Maju, Mandiri dan Bermartabat (Mantab).

“Atas nama pemerintah daerah kami akan selalu mendukung apapun kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian budaya seperti sedekah bumi maupun kegiatan lainnya,” tandasnya. (ADV/tulentino/sl)